Kantornya Satu Gedung dengan Cak Imin, Pratikno: Lebih Efisien daripada Bangun Baru

Muhadjir Effendy Sertijab ke Pratikno
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta, VIVA - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Pratikno menjelaskan soal kantornya berbagi dengan Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Abdul Muhaimin Iskandar. Tentu saja, Pratikno tidak masalah Gedung PMK akan digunakan untuk dua menteri.

“Saya bersama Sesmenko PMK melihat ruangan-ruangan, karena ini ada penambahan Menko. Jadi kita Gedung PMK akan digunakan untuk dua kemenko, Kemenko PMK sendiri, dan Kemenko yang baru yaitu Kemenko Pemberdayaan Masyarakat,” kata Pratikno di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta pada Selasa, 22 Oktober 2024.

Mensesneg Pratikno

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Makanya, Pratikno mengaku sudah berdiskusi dengan Sekretaris Menko PMK untuk mana yang disiapkan untuk Menko Muhaimin Iskandar. Kata dia, sebaiknya memang harus lebih efisien dengan memanfaatkan ruangan yang ada sehingga tidak perlu lagi membangun gedung baru.

“Menurut saya kita harus lebih efisien memanfaatkan ruang, kalau dari yang ada bisa kita optimalkan ngapain harus buat yang baru. Kita harus optimalkan yang ada,” ujarnya.

Meski gedung kantornya berbarengan, Pratikno menyebut kerjanya tentu berbeda antara Kementerian Koordinator PMK dengan Kementerian Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat yang dipimpin Cak Imin.

“Oh enggak. Kalau PMK lebih ke pengembangan sumber daya manusia dan kebudayaan. Jadi pendidikan kesehatan, dan seterusnya. Kalau pemberdayaan masyarakat nanti Pak Muhaimin yang menjelaskan lebih kepada pengembangan kemandirian masyarakat dan seterusnya, makanya di situ ada UMKM,” ungkapnya.