Sebelum ke Rusia, Menlu Sugiono Singgah ke Kampung Halaman Aceh

Menlu Sugiono saat tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar. (dok. Istimewa)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dani Randi (Banda Aceh)

Banda Aceh, VIVA - Menteri Luar Negeri RI yang baru dilantik Presiden Prabowo Subianto, Sugiono menyempatkan untuk menyinggahi kampung halamannya di Aceh, sebelum bertolak ke Rusia, pada Selasa, 22 Oktober 2024.

Kedatangan Sugiono disambut oleh Plt Sekda Aceh, Muhammad Diwarsyah di Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar. Dalam pertemuan itu Sugiono mengaku kunjungan pertamanya sebagai Menlu yaitu menyambangi kampung halamannya.

Menlu sekaligus Wakil Ketua Umum DPP Gerindra Sugiono.

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Ia mengucap terimakasih karena kedatangannya di kampung halaman disambut oleh pemerintah setempat. Diketahui sebelumnya, Sugiono hanya transit di Bandara Sultan Iskandar Muda dalam lawatannya ke Rusia.

“Tadinya hanya rencana transit saja, malah disambut di sini. Jadinya kunjungan pertama menteri luar negeri Indonesia ya ke kampung sendiri di Aceh," kata Sugiono.

Menteri Luar Negeri RI Sugiono dijadwalkan terbang ke Rusia. Di sana, ia mewakili Indonesia menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi BRICS, di Kazan, Rusia, yang berlangsung pada 22-24 Oktober.

Sugiono merupakan putra asli Aceh yang dipercaya sebagai menteri pada Kabinet Merah Putih. Ia lahir di Takengon, Aceh Tengah, pada 11 Februari 1979. Ia menempuh pendidikan SD di kota kelahirannya, Takengon, Kabupaten Aceh tengah sebelum menghabiskan masa SMP di Banda Aceh.

Pada tahun 1994-1997, Sugiono menempuh pendidikan di SMA Taruna Nusantara, Magelang, Jawa Tengah. Sugiono sempat menempuh pendidikan di Norwich Military Academy, Amerika Serikat. Program beasiswa itu ditujukan bagi lulusan SMA Taruna Nusantara untuk menimba ilmu ke perguruan tinggi militer di AS.

Sugiono kemudian mengikuti pendidikan calon perwira TNI dan lulus pada tahun 2002 dengan pangkat Letnan Dua korps Infanteri. Sugiono juga pernah menjabat sebagai sekretaris pribadi Prabowo.