Menko Polkam Budi Gunawan: Keamanan Siber dan Data Jadi Prioritas

Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Menko Polkam) RI, Budi Gunawan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta, VIVA – Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Menko Polkam) RI, Budi Gunawan menegaskan bakal memprioritaskan masalah keamanan data siber di Indonesia. Ia ingin memperkuat pengamanan data agar tidak terjadi kebocoran.

“Kalau siber, masalah siber juga menjadi salah satu perhatian yang harus dilakukan oleh kita. Khususnya di dalam defense siber, keamanan siber dan keamanan data. Ini menjadi prioritas,” kata Budi Gunawan kepada wartawan di Kantor Menko Polhukam RI, Jakarta pada Selasa, 22 Oktober 2024.

Mantan Kepala BIN ini mengungkapkan bahwa bakal berkoordinasi dan bersinergi dengan seluruh instrumen kelembagaan terkait. Tujuannya, kata dia, agar pengamanan data lebih optimal.

Menteri Politik dan Keamanan (Menko Polkam) RI, Budi Gunawan

Photo :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

“Kita tahu masih banyak instrumen kementerian-lembaga yang menangani permasalahan yang siber. Ini yang perlu kita sinergikan agar lebih optimal dan maksimal dalam menghadapi permasalahan di bidang siber,” kata Budi Gunawan.

Diketahui, Budi Gunawan telah resmi dilantik oleh Presiden Prabowo Subianto sebagai Menteri Koordinator Politik dan Keamanan kabinet Merah Putih. Ia dilantik di Istana Negara, Jakarta pada Senin, 21 Oktober 2024.

Kemudian, pada Selasa, 22 Oktober 2024, Budi Gunawan melakukan serah terima jabatan (Sertijab) dengan Hadi Tjahjanto. Adapun sertijab tersebut digelar secara tertutup di Kantor Kemenko Polhukam RI.