Kapolri Sudah Siapkan Nama Pengganti Agus Andrianto jadi Wakapolri, Siapa?

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

Jakarta, VIVA - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo masih menimbang siapa yang bakal mengisi posisi Wakapolri yang ditinggalkan Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Agus Andrianto yang menjadi Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan.

Tapi, penggantinya tentu bakal diisi perwira tinggi (Pati) Polri terbaik. Hal ktu diungkap Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Inspektur Jenderal Polisi Sandi Nugroho.

"(Soal sosok Wakapolri) Masih menunggu petunjuk pimpinan, pasti akan dipilihkan oleh Bapak Kapolri yang terbaik," ujarnya, Selasa, 22 Oktober 2024.

Ilustrasi Polri.

Photo :
  • Istimewa

Tapi, Sandi mengaku tidak dapat berspekulasi  siapa saja yang berpeluang jadi Wakapolri. Dirinya cuma kembali mengatakan, jenderal polisi bintang tiga yang terbaik yang akan mengisinya. Kata dia, hanya Kapolri yang mengetahuinya.

"Tentunya yang tahu Pak Kapolri. Nanti kita akan komunikasikan sama beliau. Mudah-mudahan sudah ada dan pastinya sudah disiapkan yang terbaik," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Korps Bhayangkara mengeluarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 99/Polri/Tahun 2024 tentang Pemberhentian Dengan Hormat Perwira Tinggi Polri untuk Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Agus Andrianto. Agus diketahui ditunjuk jadi Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan.

"Dalam Surat Keppres tersebut telah diputuskan memberhentikan dengan hormat dari dinas Polri Bapak Agus Andrianto terhitung mulai tanggal 19 Oktober 2024 dengan hak pensiun Polri," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko, Senin, 21 Oktober 2024.

Untuk diketahui, ada nama jenderal polisi aktif ditunjuk Presiden Prabowo Subianto menjadi menteri. Ia adalah Komisaris Jenderal Polisi Agus Andrianto. Pria yang diketahui menjabat sebagai Wakapolri itu dipilih menjadi Menteri Imigrasi.

Selanjutnya, Prabowo menunjuk dua jenderal purnawirawan Polri masuk kabinetnya. Pertama yakni Komisaris Jenderal Polisi Purnawirawan Purwadi Arianto ditunjuk jadi Wakil Menteri PAN/RB. Lalu, ada nama Komjen Pol Purn Suntana. Mantan Kepala Badan Intelkam Polri ini juga ditunjuk jadi Wamen Perhubungan.