Mundur dari Polri, Komjen Agus Andrianto: Pensiun Atas Kemauan Sendiri

Presiden Prabowo Subianto mengumumkan nama menteri dalam kabinet Merah Putih
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Jakarta, VIVA - Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan, Agus Andrianto menegaskan kalau dirinya pensiun dari Korps Bhayangkara pasca ditunjuk Presiden Prabowo Subianto jadi Menteri Kabinet Merah Putih periode 2024-2029.

Pria yang masih menjabat Wakapolri tersebut menegaskan, dirinya pensiun atas kemauannya sendiri. Agus mengungkap sudah mengundurkan diri dari jabatan orang nomor dua di tubuh Polri tersebut.

"Pensiun atas permintaan sendiri," kata dia di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin, 21 Oktober 2024.

Presiden RI Prabowo Subianto lantik menteri-wakil menteri Kabinet Merah Putih.

Photo :
  • YouTube Setpres

Jenderal bintang tiga itu mengungkap dipercaya Prabowo membantunya dalam menjalankan program selama memimpin Tanah Air untuk 5 tahun ke depan. Agus mengaku sudah mendapatkan arahan dari Prabowo untuk menjalankan tugasnya nanti.

Menurut Agus, dirinya bakal menjalankan arahan dari Prabowo karena kini menjabat Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan.

"Arahannya dari Bapak Presiden, bukan dari Pak Kapolri. Arahannya kan dari Pak Presiden ya. Kami hanya mendapat tugas dari Bapak Presiden untuk membantu beliau apa yang menjadi program beliau akan kita bantu," ujar dia lagi.

Sebelumnya diberitakan, ada nama jenderal polisi aktif ditunjuk Presiden Prabowo Subianto jadi menterinya. Ia adalah Komisaris Jenderal Polisi Agus Andrianto. Pria yang diketahui menjabat sebagai Wakapolri itu dipilih menjadi Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan.

Selanjutnya, mantan Menteri Pertahanan ini menunjuk dua jenderal punrawirawan Polri masuk kabinetnya, yakni Komisaris Jenderal Polisi Purnawirawan Purwadi Arianto ditunjuk jadi Wakil Menteri PAN/RB. Lalu, ada nama Komjen Polisi Purn Suntana. Mantan Kepala Badan Intelkam Polri ini juga ditunjuk jadi Wamen Perhubungan.