Kapolri Bakal Tunjuk Pengganti Komjen Agus Andrianto yang Jadi Menteri Imigrasi

Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA - Korps Bhayangkara bakal menentukan pengganti posisi Wakapolri pasca Komisaris Jenderal Polisi Agus Andrianto, ditunjuk Presiden Prabowo Subianto menjadi Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan dalam Kabinet Merah Putih periode 2024-2029.

Posisi yang ditinggalkan Agus bakal diganti oleh pati alias perwira tinggi yang ditunjuk langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Hal itu diungkap Asisten SDM Polri, Inspektur Jenderal Polisi Dedi Prasetyo.

“Iya betul (dipilih langsung oleh Kapolri),” katanya pada Senin, 21 Oktober 2024.

Presiden Prabowo Subianto mengumumkan nama menteri dalam kabinet Merah Putih

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Mantan Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri tersebut mengatakan, proses penunjukan bakal segera dilakukan. Tapi, Dedi mengaku tak dapat mengungkap apakah ada kriteria khusus untuk mengisi posisi Wakapolri tersebut.

“Iya masih menunggu dulu (dari Kapolri),” katanya.

Sebelumnya diberitakan, ada nama jenderal polisi aktif ditunjuk Presiden Prabowo Subianto menjadi menterinya. Ia adalah Komisaris Jenderal Polisi Agus Andrianto. Pria yang diketahui menjabat sebagai Wakapolri itu dipilih menjadi Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan.

Selanjutnya, mantan Menteri Pertahanan ini menunjuk dua jenderal purnawirawan Polri masuk kabinetnya, yakni Komisaris Jenderal Polisi Purnawirawan Purwadi Arianto ditunjuk jadi Wakil Menteri PAN/RB. Lalu, ada nama Komjen Polisi Purn Suntana. Mantan Kepala Badan Intelkam Polri ini juga ditunjuk jadi Wamen Perhubungan.