AHY Ngaku Siap Ditempatkan Prabowo Jadi Menteri Apapun

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono mengaku siap ditugaskan untuk menjadi Menteri ataupun Menko di kabinet pemerintahan Presiden Prabowo Subianto. Kata AHY, apapun posisi yang diberikan eks Menteri Pertahanan itu bakal diterima dan dijalani dengan sebaik mungkin. Dirinya menegaskan bakal mengemban tanggung jawab yang diberikan Prabowo.

"Ya, apapun yang kami dapatkan akan kamai jalankan dengan penuh tanggung jawab," kata dia, Minggu 20 Oktober 2024.

Meski begitu, eks Menteri ATR/BPN itu  belum tahu betapa jatah kursi menteri yang didapat partainya. Namun, dia menjelaskan kalau Partai Demokrat bakal berkomitmen mengawal pemerintahan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka selama lim tahun ke depan.

Prabowo Subianto dan AHY

Photo :
  • Instagram @agusyudhoyono

"Kami siap menjalankan peran-peran mengawal pemerintahan lima tahun ke depan. Kami siap menjalakan tugas-tugas, peran-peran yang beliau rasa cocok diperlukan dan membutuhkan dukungan dari Partai Demokrat," katanya lagi.

Untuk diketahui, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut Presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto akan mengumumkan menteri di kabinetnya pada Minggu malam, 20 Oktober 2024. Rencananya, Prabowo akan mengumumkan para pejabat kabinet pemerintahannya itu di Istana Negara.

"Nanti malam, insya Allah nanti malam (pengumuman menteri). Jamnya belum tau nanti akan diumumkan oleh presiden terpilih di Istana," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Minggu, 20 Oktober 2024. 

Sebelumnya diberitakan, Prabowo sudah memanggil sejumlah tokoh yang diplot sebagai calon menteri wakil menteri, dan kepala badan di kabinet pemerintahannya ke kediamannya, Jalan Kertanegara, Jakarta, beberapa hari lalu. Selanjutnya, Prabowo juga sudah beri pembekalan ke para calon pembantunya di pemerintahan itu.