MV3 Garuda Limousine Jadi Kendaraan Prabowo Menuju Istana, Direktur Pindad: Produk Dalam Negeri Maju

MV3 Garuda Limousine Produksi PT Pindad jadi Kendaraan Prabowo Menuju Istana
Sumber :
  • Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden

Jakarta, VIVA – Presiden terpilih Prabowo Subianto bersama wakilnya Gibran Rakabuming Raka resmi dilantik sebagai presiden dan wakil presiden dalam sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, Jakarta pada pukul 10.00 WIB, Minggu 20 Oktober 2024.

Usai prosesi pelantikan dan pembacaan sumpah, Presiden Prabowo Subianto meninggalkan Gedung Nusantara menggunakan kendaraan Maung MV3 Garuda Limousine dengan pelat 'Indonesia 1" menuju Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Dari Pantauan VIVA di lokasi, rombongan Prabowo Subianto tiba di Istana Merdeka sekitar pukul 13.21 WIB, kedatangannya langsung disambut masyarakat yang sudah menunggu di depan taman pandang Istana Merdeka.

Melalui Sunroof yang bisa dibuka, Prabowo pun menyapa warga dengan melambaikan tangan.

Menariknya kendaraan yang digunakan Prabowo Subianto menuju Istana dengan pelat "Indonesia 1" itu adalah produksi dalam negeri PT Pindad.

Maung MV3 Garuda Limousine

Photo :
  • Instagram PT Pindad

Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose dalam keterangan resminya turut menyampaikan rasa bangga atas penggunaan MV3 Garuda Limousine dalam momentum bersejarah sebagai kendaraan orang nomor satu di Indonesia.

“Tentunya kami terharu dan bangga karena kendaraan terbaru kami, MV3 Garuda Limousine, karya anak bangsa digunakan dalam momentum bersejarah dan dipercaya oleh Presiden RI, Bapak Prabowo Subianto yang tiada henti memberi kepercayaan, men-challenge dan mendorong penggunaan produk buatan dalam negeri produksi Pindad untuk terus maju dan meningkatkan kualitasnya," kata Abraham dalam keterangan resminya, Minggu 20 Oktober 2024.

Direktur Teknologi & Pengembangan PT Pindad, Sigit P. Santosa menambahkan, Kendaraan MV3 Garuda Limousine memiliki desain yang memperlihatkan karakter yang kuat dengan identitas bangsa Indonesia yang kental.

"Dilengkapi dengan fitur keamanan dan kenyamanan untuk penumpang di dalamnya. Seperti halnya kendaraan MV3 Maung, Presiden RI, Bapak Prabowo Subianto memiliki peran penting dalam mengungkapkan ide-ide inovatif, identitas bangsa, dan masukan terhadap kendaraan MV3 Garuda Limousine," tambah Sigit.

"Tim enjiniring kami beserta seluruh insan Pindad berupaya keras untuk mewujudkannya, alhamdulillah hari ini produk buatan dalam negeri untuk pertama kalinya digunakan langsung oleh Presiden RI,”  lanjutnya.

Dikutip VIVA Otomotif, Maung MV3 Garuda Limousine PT Pindad memiliki spesifikasi yang sangar, kendaraan tersebut dilengkapi dengan composite armor yang tahan terhadap tembakan munisi kaliber 7,62 x 51 mm NATO ball dan 5,56 x 45 mm M193.

Begitupun pada Kaca anti peluru level B5/B6 serta ban Run Flat Tyre (RFT) berukuran 12 inci juga disematkan untuk memastikan kendaraan tetap aman dan dapat terus berfungsi meski mengalami kebocoran ban.