Tak Dikasih Prabowo Naik Pesawat Komersil Alasan Jokowi Pulang ke Solo Gunakan Peswat TNI AU

Jokowi didampingi Iriana Jokowi dan Presiden Prabowo Subianto, saat memberikan keterangan pers di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu, 20 Oktober 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta, VIVA - Presiden RI ke-7, Joko Widodo pulang ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah, menggunakan pesawat Boeing 737-800 NG nomor registrasi A-7309 milik TNI Angkatan Udara. Awalnya, eks Gubernur Jakarta itu merencanakan pulang dengan pesawat komersil.

Ketua Umum relawan Pro Jokowi atau Projo, Budi Arie Setiadi, mengungkap alasan Jokowi tidak jadi menumpangi pesawat komersil. Menkominfo di Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 itu mengatakan, Jokowi dilarang oleh Presiden Prabowo Subianto.

"Enggak jadi, karena memang enggak dikasih (naik pesawat komersil), harus pakai pesawat kenegaraan, iya permintaan (Prabowo)," ucap Budi Arie di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu 20 Oktober 2024.

Dirinya menampik kalau mantan Wali Kota Soli tersebut yang minta supaya dirinya naik pesawat milik TNI AU saat pulang ke Solo, hari ini. Dia menegaskan hal tersebut tidak benar.

"Ya masa mantan Presiden dikasih naik komersil, jadi ya udah," kata dia lagi.

Untuk diketahui, Jokowi telah pulang ke rumahnya Solo, Jawa Tengah, melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada hari ini Minggu, 20 Oktober 2024.

Dirinya pulang bersama Iriana Joko Widodo dengan pesawat milik TNI Angkatan Udara bernomor registrasi A-7309. Sebelum bertolak, Jokowi sempat melambaikan tangan ke Presiden Prabowo dan para mantan Menteri Kabinet Indonesia Maju yang mengantarnya ke sana.

Jokowi dan Iriana masih memakai pakaian yang sama saat menghadiri pelantikan dan pengucapan sumpah Presiden dan Wakil Presiden RI di Gedung DPR/MPR RI, tadi pagi. Pesawat yang ditumpangi Jokowi take off sekira pukul 15.00 WIB. Sebelum Jokowi take off, ada atraksi flypast.

Sebelumnya diberitakan, Jokowi akan menumpangi pesawat komersial dalam agenda kepulangannya ke Surakarta, Jawa Tengah, usai purnatugas.

Kabar itu disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi yang dikonfirmasi di Jakarta, Rabu sore.

"Betul. Naik pesawat komersial dari Halim," kata Budi Arie melalui pesan singkat.