Situasi di Rumah Pribadi Jokowi di Solo Jelang Pulang Usai Purna Tugas Sebagai Presiden

Suasana di kediaman pribadi Presiden Jokowi di Solo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq (Solo)

Solo, VIVA – Sehari menjelang kepulangan Jokowi setelah pensiun dari jabatannya sebagai Presiden RI ke-7, kediaman pribadinya di Solo itu masih terlihat lengang. Rencananya akan ada penyambutan besar-besaran saat kepulangan ke rumah pribadinya di Solo pada Minggu, 20 Oktober 2024, besok.

Pantauan VIVA, kediaman pribadi mantan Gubernur Jakarta itu yang beralamat di Jala Kutai Utara No 1, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo Jawa Tengah itu tampak sepi. Hanya terlihat Paspampres yang hilir mudik di depan rumah tersebut. Selain itu juga terdapat wartawan yang sedang melakukan peliputan dari jalan gang menuju kediaman pribadi Jokowi.

Aktivitas mencolok tak terlihat untuk persiapan penyambutan kepulangan Jokowi ke rumah itu setelah pada Minggu besok resmi pensiun digantikan oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto dan pasangan wakilnya, Gibran Rakabuming Raka.

Aktivitas yang mencolok justru terlihat di gedung Graha Sabha Buana milik keluarga Jokowi arena sedang disewa untuk acara pernikahan.

Hanya saja di sepanjang Jalan Letjen Suprapto yang menjadi akses menuju kediaman pribadi Jokowi dari arah Jalan Ahmad Yani, dipenuhi dengan spanduk dan baliho yang bertuliskan ucapan terima kasih Jokowi dan selamat datang di Solo. Spanduk dan baliho untuk menyambut kepulangan Jokowi itu dipasang oleh sejumlah kelompok relawan pendukung Jokowi dan Gibran.

Selain itu di sepanjang jalan yang akan menjadi rute penyambutan kepulangan Jokowi dan Iriana itu juga banyak terpasang bendera bergambar logo Partai Soldaritas Indonesia (PSI), yakni bunga mawar. Bendera partai itu terpasang di sisi kiri maupun kanan menuju jalan di depan gang ke arah rumah Jokowi.