Makna Jokowi Tanam 2 Pohon di Istana Jelang Lengser

Presiden RI Joko Widodo menanam dua pohon di lingkungan Istana Negara jelang lengser (sumber: instagram @jokowi)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama sang istri, Iriana Joko Widodo menanam dua buah pohon di Istana Negara, Jakarta jelang lengser dari jabatannya pada 20 Oktober 2024 mendatang. Pohon tersebut kata Jokowi, merupakan kenang-kenangan dari dirinya dan Iriana sebelum meninggalkan Istana Negara.

Hal itu diungkap Jokowi lewat tiga foto yang diunggah melalui akun instagram resminya @jokowi.

"Tiga hari menjelang purnatugas, saya dan Ibu Iriana Joko Widodo menanam pohon Pulai (Alstonia scholaris) dan pohon Flamboyan (Delonix regia) di halaman tengah Istana sebagai kenangan," kata Jokowi dikutip Jumat, 18 Oktober 2024.

Presiden RI Joko Widodo menanam dua pohon di lingkungan Istana Negara jelang lengser (sumber: instagram @jokowi)

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jokowi menjelaskan, pohon flamboyan dikenal dengan bunganya yang cerah dan memikat. Pohon tersebut juga melambangkan kecantikan dan harapan.

"Pohon Flamboyan yang ditanam oleh Ibu Iriana dikenal dengan bunganya yang cerah dan memikat, sering kali melambangkan kecantikan dan harapan," tuturnya.

Sedangkan, pohon Pulai memiliki makna kekuatan, ketahanan dan merepresentasikan pembangunan yang berkelanjutan.

"Sementara itu, pohon Pulai yang saya pilih, memiliki makna simbolis dalam ketahanan dan kekuatan, merepresentasikan visi jangka panjang pemerintahan terhadap pembangunan berkelanjutan," jelas Jokowi.