Elektabilitas Egi-Syaiful Tinggi Dinilai sebagai Cerminan Keinginan Warga di Lamsel

Cabup Lampung Selatan Radityo Egi.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA – Hasil survei Poltracking Indonesia menyebutkan calon Bupati dan Wakil Bupati Lampung Selatan (Lamsel) nomor urut 2, Radityo Egi Pratama-Syaiful Anwar meraih elektabilitas 51,1.

Menurut Pengamat politik dari Citra Institute, Efriza, faktor utama yang mendongkrak elektabilitas Egi-Syaiful adalah harapan masyarakat akan adanya perubahan di Lampung Selatan. 

"Tren kenaikan dukungan ini adalah cerminan keinginan warga untuk melihat pemimpin baru," ujar Efriza dalam keteranganya, Rabu, 16 Oktober 2024.

Pemungutan suara atau pencoblosan di pemilu. (Foto ilustrasi).

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Elektabilitas Egi-Syaiful sebesar 51,1 itu mengungguli pasangan calon (paslon) Nanang-Antoni yang memperoleh 43,8 persen.

"Persentase perbedaan yang mencapai 7,3 persen menunjukkan bahwa pasangan Egi-Syaiful bisa tersenyum karena memungkinkan pilihan masyarakat di TPS nanti adalah pasangan tersebut dan kemenangan bisa diraih oleh pasangan ini," kata Efriza.

Menurut dia, dukungan dari partai politik juga menjadi faktor yang memperkuat posisi Egi-Syaiful dalam kontestasi ini. Terlebih, pasangan ini disokong 12 partai politik.

"Koalisi besar yang mengusung pasangan ini memberikan mereka keunggulan signifikan dalam hal penyebaran pesan dan program," katanya.

Dengan keunggulan tersebut, Efriza menyakini Egi-Syaiful dapat meraih kemenangan di di Pilkada Lampung Selatan. "Melihat tren yang ada, sulit rasanya membayangkan pasangan Egi-Syaiful gagal memenangkan pemilihan ini," ujarnya.