Hari Kedua Nusa Penida Festival, Pj Bupati Jendrika Pimpin Kegiatan Pelepasan Tukik

Pelepasan Tukik
Sumber :
  • Istimewa

Nusa Penida, VIVA – Hari kedua Nusa Penida Festival 2024 berbagai kegiatan dilaksanakan diantaranya Beach Clean Up (bersih-bersih pantai), Coral Planting (budidaya karang) dan Pelepasan Tukik di pesisir Pantai Nusa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Jumat (11/10).

Kegiatan ini dipimpin langsung Penjabat (Pj) Bupati Klungkung, I Nyoman Jendrika didampingi Kadis Pariwisata, Kadis Kebudayaan dan Kadis LHP Kabupaten Klungkung. 

Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati Jendrika mengatakan bahwa beach up clean merupakan salah satu upaya untuk menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan dipantai.

Dengan adanya tempat yang bersih maka akan tercipta suasana yang nyaman sehingga wisatawan yang berkunjung pun nantinya juga merasa nyaman menyambut baik kegiatan seperti ini.

"Terimakasih atas partisipasinya mengikuti kegiatan ini, mudah-mudahan kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan berkelanjutan," harapnya. 

Terkait pelepasan tukik merupakan salah satu cara untuk menjaga kelestarian habitat penyu. Adanya kesadaran masyarakat sekitar mengenai perlindungan penyu mempunyai peran penting untuk menjaga kelestariannya. Dan kelestarian terumbu karang juga tidak kalah pentingnya kita jaga bersama-sama.

"Mari jaga kebersihan lingkungan dengan sebaik-baiknya sehingga wisatawan yang berkunjung bisa merasa nyaman ke Nusa Penida," imbuhnya. 

Selain itu dalam kegiatan ini Pj. Bupati juga menyerahkan hibah sepeda motor roda tiga (motor viar) kepada Perbekel Desa Lembongan yang nantinya dipergunakan untuk pengangkutan sampah di lokasi prioritas kawasan pariwisata Nusa Penida Desa Lembongan dan Jungut Batu