Sandra Dewi Buka-bukaan Fakta di Persidangan, Tegaskan Kekayaan Hasil Sendiri

Sandra Dewi Bersaksi di Persidangan Harvey Moeis
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Artis Sandra Dewi dihadirkan untuk memberikan kesaksian dalam kasus korupsi pengelolaan timah yang melibatkan suaminya, Harvey Moeis.

Dalam sidang itu ia buka-bukaan perihal sumber kekayannya dari mulai tas mewah hingga tabungan yang dituding sebagai Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) hasil kejahatan yang diduga dilakukan suaminya terkait kasus korupsi timah.

Bintang film Quickie Express itu menegaskan bahwa dirinya punya penghasilan sendiri dari profesinya sebagai selebritas. Benar saja, selama berkarir sejak 2004, Sandra Dewi terkenal cukup aktif bermain peran dalam sinetron, film bahkan menjadi MC atau pemandu acara, Brand Ambasador (BA) alias bintang iklan hingga influencer di media sosial.

"Kami bersama yang menentukan. Saya punya karier sendiri, suami saya punya pekerjaan sendiri. Saya tidak mengerti pekerjaan suami saya, suami saya pun tidak mengerti pekerjaan saya," katanya di Pengadilan Tipikor Jakarta pada Kamis kemarin, 10 Oktober 2024.

Sandra Dewi Bersaksi di Persidangan Harvey Moeis

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Dasar itu lah yang akhirnya mendorong keduanya membuat perjanjian pisah harta sebelum melakukan pernikahan.

"Ada notaris. 12 Oktober 2016 pisah harta sebelum menikah. Pas digeledah ada perjanjian pisah harta juga iya," ujarnya.

Dokumen pisah harta yang ditandatangani notaris sebelum pernikahan itu menurut Sandra Dewi, jadi bukti yang kuat bagi dirinya untuk membantah tudingan adanya TPPU atas barang dan aset pribadi yang ia miliki.

Ia pun mengeluhkan rekening pribadinya yang diblokir. Bahkan, sampai tabungan anak-anaknya juga ikut diblokir karena dugaan TPPU tersebut. Padahal, lanjut Sandra Dewi, ia telah memiliki banyak tabungan dan penghasilan sebagai selebritas bahkan sebelum dirinya menikah dengan Harvey Moeis.

"Iya betul, jadi BA (brand ambasador) CIMB Niaga saya mengampanyekan wanita harus punya mimpi. Waktu single pas kerja sama Disney, saya bilang wanita harus punya mimpi setelah menikah punya karier yang sukses. Pas nikah buka rekening untuk anak-anak saya," ujarnya.

Tabugan itu ia buat lantaran banyak iklan yang ia terima saat anak-anaknya masih di dalam kandungan. Sehingga, ia beranggapan penghasilan dari iklan tersebut merupakan hak anak-anaknya meski masih dalam kandungan kala itu.

"Dalam perut, anak-anak juga syuting, anak-anak saya banyak iklannya, susu, obat penurun panas, lotion, iklan banyak itu masuk ke rekening Mega. Kalau CIMB Niaga 100 persen untuk anak saya. Betul itu semua diblokir," sambungnya.

Dalam kesempatan itu ia juga membeberkan bagaimana sederet aset yang diperkarakan hingga disita pengadilan bisa ia dapat. Misalmya, seluruh tas yang disita. Menurutnya itu merupakan hasil endorsement dan hadiah dari brand. Ada pula emas yang ia klaim dari hasil endorsement dan brand perhiasan Sandra Dewi yang ingin dipromosikan.

Ia juga sempat menyinggung mobil yang disita Kejagung. Ia mengaku kendaraan yang ada di rumahnya itu sebagian besar adalah atas nama suaminya.

"Jujur kurang tahu, di rumah hanya 3 mobil yang ada di parkiran," katanya.

Sandra pertama ditanya soal status kepemilikan mobil Mini Cooper yang kabarnya menjadi kado ulang tahun. Ia mengatakan mobil itu atas nama Harvey.

"Atas nama Pak Harvey. Terlihat hadiah ulang tahun gosipnya, tapi tetap dipakai keluarga (mobil Mini)," ungkapnya.

Soal mobil Rolls Royce, Sandra Dewi memastikan mobil itu adalah hadiah. Namun, ia menyebut keluarganya turut memakainya.

"Tampak seperti hadiah ultah, tapi dipakai bersama keluarga. Itu tahun lalu (diberikan)," ungkapnya.

Lalu ada mobil Lexus RX 300 dan Toyota Velfire yang disita juga. Sandra mengatakan tak tahu ada kedua mobil itu.

Jaksa juga bertanya terkait mobil sport Ferrari sebanyak dua buah, yakni tipe 468 dan 360 challange Stradele. Soal itu, Sandra Dewi mengaku mengetahui Harvey Moeis menjadi bintang iklannya.

"Pak di depan rumah tidak ada mobil sport. Tapi saya tahu suami saya jadi bintang iklan mobil Ferrari. Saya tidak pernah naik ini di parkiran rumah saya," ungkapnya.