Sapi Pegon Berbobot 300 Kg Ngamuk di Pasar Masuk Gorong-gorong

Evakuasi Sapi Pegon dari Gorong-gorong dekat Pasar Jatinom, Klaten, Jateng
Sumber :
  • Indratno Eprilianto

Klaten, VIVA – Sebuah insiden mengejutkan terjadi di pasar hewan Jatinom, Desa Bonyokan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, pada Jumat (11/10/2024). Seekor sapi Pegon lepas dan mengamuk, diduga akibat stres, hingga masuk ke gorong-gorong.

Winarno, salah satu pegawai pasar, menjelaskan bahwa sapi tersebut dibawa untuk dijual. Setibanya di pasar, sapi langsung melarikan diri setelah diturunkan dari mobil. “Sapi itu sangat keras dan langsung lari masuk gorong-gorong,” kata Winarno.

Sapi tersebut memiliki bobot 300 kilogram dan berasal dari Randulanang. Rencana awalnya adalah menjualnya di pasar, namun stres yang dialaminya membuatnya panik. Meskipun tiga pegawai berusaha mengejar, sapi itu terus berlari ke arah utara dan terjun ke gorong-gorong yang berjarak sekitar 200 meter dari pasar.

Evakuasi Sapi Pegon dari Gorong-gorong dekat Pasar Jatinom, Klaten, Jateng

Photo :
  • Indratno Eprilianto

Petugas gabungan, termasuk pemadam kebakaran dan relawan, segera turun tangan untuk melakukan evakuasi. Proses ini berlangsung selama 60 menit menggunakan truk crane. “Kami menggunakan teknik ditarik dan alat strap, dibantu mobil crane PLN. Gorong-gorong itu dalamnya sekitar 3 meter,” ujar Dadang Saputra, Petugas Damkar Klaten.

Meskipun sempat mengalami kesulitan karena sapi yang mengamuk, evakuasi berjalan sukses dan sapi berhasil diangkat dalam keadaan sehat tanpa luka. Setelah dievakuasi, sapi tersebut langsung diserahkan kembali kepada pemiliknya. (Indratno Eprilianto/Klaten)