Komitmen Tingkatkan Kesejahteraan Guru Swasta, Wahono Siapkan Kartu Guru di Bojonegoro

Cabup Bojonegoro Setyo Wahono.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA – Calon bupati (cabup) Bojonegoro nomor urut 2, Setyo Wahono menyatakan, para guru swasta turut berperan penting dalam dunia pendidikan dan perlu mendapatkan perhatian lebih.

“Mereka berkontribusi besar dalam mencerdaskan generasi muda, dan sudah saatnya kita memberikan dukungan yang layak bagi mereka," ujar Wahono, Kamis, 10 Oktober 2024. 

Untuk meningkatkan kesejahteraan guru swasta di Bojonegoro, dia telah menyiapkan Kartu Guru, sebagai program inovasi kesejahteraan bagi mereka.

Menurut dia, guru swasta dikenal inovatif dan punya kontribusi besar bagi dunia pendidikan di Bojonegoro. Hal itu antara lain terlihat dari sekolah swasta sangat maju dan banyak peminat. Namun, soal kesejahteraan guru masih sangat memprihatinkan.

Pemungutan suara atau pencoblosan di pemilu. (Foto ilustrasi).

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Ia bertekad untuk meningkatkan kesejahteraan dan profesionalisme guru swasta, termasuk memberikan pelatihan dan insentif. Untuk itu, Wahono berharap dukungan masyarakat untuk memastikan visi kesejahteraan guru ini terwujud.

"Ini kartu bagi guru swasta. Termasuk TPQ, Madin, Paud, untuk mendapat penambahan insentif dan layanan BPJS Tenaga Kerja," kata putra seorang guru ini.

Wahono yang berpasangan dengan calon wakil bupati (cawabup) Nurul Azizah itu menyebutkan, penambahan insentif dan layanan BPJS Tenaga Kerja adalah perihal penting yang paling dibutuhkan guru swasta. 

Dua hal itu juga akan memperpendek jarak kesenjangan sosial antara guru swasta dan guru negeri. "Penambahan insentif dan jaminan BPJS. Ini sangat dibutuhkan guru swasta," ujarnya.