Prabowo Bertemu Menhan Slovakia, Bahas Kerja Sama Bidang Pertahanan

Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan Republik Slovakia H.E. Mr. Robert Kali?ák (dok: Kemenhan)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta, VIVAMenteri Pertahanan, Prabowo Subianto menerima kunjungan dari Deputi Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Republik Slovakia H.E. Mr. Robert Kalinak, di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis, 10 Oktober 2024. Pertemuan ini dilakukan untuk menjajaki peningkatan kerja sama bidang pertahanan.

Prabowo mengatakan, meskipun secara geografis Indonesia dan Slovakia sangat berjauhan, namun kedua negara memiliki kepentingan yang sama di bidang pertahanan. 

Prabowo menilai, Slovakia memiliki industri pertahanan dan teknologi tinggi yang telah memenuhi standar NATO. Hal ini menjadikan Slovakia sebagai mitra strategis yang potensial bagi Indonesia untuk meningkatkan kerja sama di bidang pertahanan dan memperkuat kemampuan militer melalui akuisisi alutsista berteknologi tinggi.

Menhan yang juga Presiden terpilih Prabowo Subianto

Photo :
  • Setpres

“Kami menegaskan kembali komitmen Indonesia untuk menciptakan hubungan pertahanan bilateral yang harmonis dan saling menguntungkan dengan Slovakia, sejalan dengan hubungan baik antara kedua negara,” ujar Prabowo dalam keterangannya, Kamis, 10 Oktober 2024.

Presiden terpilih RI ini mengatakan, di bidang pendidikan sendiri saat ini Universitas Pertahanan Republik Indonesia dan Akademi Angkatan Bersenjata Jenderal Milan Ratislav Stefanik (the Armed Forces Academy of General Milan Ratislav Stefanik) telah sepakat untuk menindaklanjuti kerja sama berupa Nota Kesepahaman atau MoU.

Prabowo menjelaskan MoU ini tentang Kegiatan Kerja Sama Akademik. Sehingga diharapkan dapat segera ditandatangani dalam waktu dekat. 

Adapun turut mendampingi Menhan Prabowo dalam kunjungan kehormatan Menhan Slovakia yaitu Wamenhan, Asisten Khusus Menhan Bidang Manajemen Pertahanan, Kabaranahan Kemhan, Dirjen Strahan Kemhan dan Dirjen Pothan Kemhan.