Jokowi Bakal Mendarat Pakai Pesawat Besar di Bandara IKN Pekan Ini

Pesawat Kepresidenan RI mendarat di Bandara IKN
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta, VIVA - Menteri Investasi/Kepala BKPM, Rosan Roeslani mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan kembali mendarat di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur dengan pesawat yang besar. 

Ia juga mengaku bandara di IKN akan siap di uji coba. Presiden Jokowi, lanjut dia, akan mendarat pada Jumat, 11 Oktober 2024 lusa.

"Bandara di IKN, Insya Allah akan siap uji coba besok dan hari Jumat Bapak Presiden akan melalui Bandara IKN. Sebelumnya sudah melalui Bandara IKN, tapi sekarang dicoba dengan pesawat berbadan besar," ujar Rosan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, pada Rabu, 9 Oktober 2024.

Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia Mendarat Perdana di Bandara VVIP IKN

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Rencananya, lanjut dia, pembangunan bandara di IKN akan rampung pada Desember 2024, dan akan mulai beroperasi serta dibuka untuk umum pada Januari 2025.

"Harapannya tadi disampaikan Desember. Januari dibuka untuk umum Bandara IKN ini, dengan begitu masalah konektivitas akan menjadi efisien," katanya.

Rosan mengaku dengan adanya bandara, waktu tempuh ke IKN akan lebih cepat. Ia membandingkan ketika tidak ada bandara, maka masyarakat harus memakan waktu selama dua jam lewat Balikpapan. Dengan Bandara IKN, waktu tempuhnya hanya 20 menit.

"Jadi masalah konektivitas akan menjadi lebih efisien. Kalau dulu kita harus ke Balikpapan kemudian 2 jam dari Balikpapan ke IKN. Kalau sekarang dari IKN bisa langsung ke airport, jadi ke IKN sendiri kurang lebih hanya 20 menit," jelasnya.