Kemnaker Dukung Kompetensi Tenaga Kerja di Selekda WA ASEAN Competition

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi
Sumber :
  • Kemnaker

VIVA – Seleksi Daerah (Selekda) Calon Kompetitor The 14th WorldSkills ASEAN Competition (WS ASEAN) 2025, yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (8/10/2024) malam. Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Sekjen Kemnaker), Anwar Sanusi.

Sekjen Anwar mengatakan, seleksi WorldSkills ASEAN Competition tingkat daerah adalah langkah awal untuk mengidentifikasi dan menyiapkan calon-calon kompetitor yang nantinya akan membawa nama baik Indonesia di kancah internasional.

"Melalui selekda WorldSkills ASEAN Competition,  saya berharap dapat menghasilkan kompetitor-kompetitor terbaik yang siap bersaing di tingkat ASEAN bahkan dunia," ucap Anwar.

Anwar menyebut, selekda WorldSkills ASEAN Competition, merupakan wujud nyata dari upaya Kementerian Ketenagakerjaan untuk mendukung program peningkatan kompetensi tenaga kerja di tingkat nasional dan internasional.

Dalam peningkatan kompetensi tersebut tentu diperlukan sinergi dan kolaborasi antara pemerintah pusat, daerah, serta pemangku kepentingan lainnya dalam membangun ekosistem ketenagakerjaan yang tangguh dan adaptif.

"Semoga dengan adanya selekda WorldSkills ASEAN Competition bisa mencetak tenaga kerja yang tidak hanya memiliki keterampilan teknis, tetapi juga berpikir kritis, dan inovatif," katanya.