Ditinggal Masak oleh Ibunya, Balita di Bali Kecebur Sumur

Sumur di belakang kosan tempat terjeburnya balita di Denpasar
Sumber :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)

Bali, VIVA – Lengah dari pengawasan orang tua, bocah balita bernama SAH (2) kecebur ke dalam sumur yang terletak di belakang kos-kosan Dangin Puri Kelod di Jalan Letda Reta, Denpasar, Bali, pada Senin, 7 Oktober 2024 sekitar pukul 12:30 Wita.

Balita itu tercebur sumur saat ibunya memasak dan ayahnya sedang bekerja. Peristiwa itu sempat membuat geger warga Dangin Puri Kelod. Namun, berkat aksi cepat warga dan Bhabinkamtibmas, balita itu berhasil diselamatkan.

Bhabinkamtibmas Desa Dangin Puri Kelod, Aiptu Suwandono yang membantu proses evakuasi mengaku menerima laporan seorang balita bernama SAH (2) tercebur ke dalam sumur.

"Ada warga yang tinggal di sekitar TKP, mendengar suara seperti sesuatu terjatuh ke dalam sumur yang terletak di belakang kos-kosan," kata Aiptu Suwandono pada Selasa, 8 Oktober 2024.

Warga bernama Darsanudin itu kemudian memeriksa. Ia melihat seorang anak berada di dalam sumur dengan posisi kaki di atas. Panik, ia segera berteriak meminta pertolongan.

Warga lain bernama Jili Pareira (35) yang mendengar adanya teriakan minta tolong, kemudian mengambil keputusan cepat masuk ke dalam sumur untuk menyelamatkan bocah itu.

"Dibantu warga anak itu berhasil diangkat ke atas dalam kondisi selamat," kata Aiptu Suwandono.

Saat peristiwa itu terjadi, kondisi sumur memang tutupnya tidak aman. Dirinya mengimbau keluarga agar memasang penutup sumur yang lebih aman untuk mencegah kejadian serupa terulang.

"Para orang tua agar selalu mengawasi anak-anak mereka dengan baik, khususnya di area yang rawan," kata Aiptu Suwandono.