6 Hektare Lahan di Kawasan Gunung Rinjani Terbakar

Kondisi lahan terbakar di kawasan Gunung Rinjani (BTNGR)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Satria Zulfikar (Mataram)

Mataram, VIVA – Kebakaran lahan kembali terjadi di kawasan Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sejak Minggu, 6 September 2024, sebanyak enam hektare lahan terbakar.

Informasi yang diunggah melalui akun resmi Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR), kawasan yang dilalap api terjadi di Resort Sembalun Hutan Kandang Sapi, Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur.

"Tim gabungan beranggotakan personel BTNGR, Koramil Sembalun, Polsek Sembalun, Masyarakat Peduli Api (MPA) dan Masyarakat Mitra Polhut (MMP) segera dikerahkan untuk melakukan pemadaman," bunyi keterangan BTNGR.

Pukul 19.15 WITA api berhasil dipadamkan. "Jenis kebakaran yang terjadi adalah kebakaran permukaan dengan luas area yang terbakar diperkirakan mencapai enam hektare," ujarnya.

Aksi pemadaman sempat menemukan kendala akibat angin yang bertiup cukup kencang yang memudah penyebaran api, vegetasi yang mudah terbakar dan sulitnya akses air di sekitar lokasi.

"Beruntung meskipun tantangan yang cukup besar, kerja keras tim berhasil mengendalikan titik api," ujarnya.

Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut. Namun kondisi musim kemarau yang cukup panjang diduga menjadi penyebab kebakaran tersebut.

"Di tengah musim kemarau ini kita semua harus tetap waspada kondisi kering saat ini yang mempermudah terjadinya kebakaran hutan dan lahan," ujarnya.