Produksi Padi Berbuah Manis, Irpom Jadi Solusi Strategis

Kelompok Tani Lebak berhasil mengatasi kekeringan
Sumber :
  • Kementan

VIVA – Bantuan irigasi perpompaan (irpom) yang diluncurkan oleh Kementerian Pertanian kembali membuahkan hasil positif. Kabar baik datang dari Kelompok Tani (Poktan) Sugema dan Cempaka Asri di Kabupaten Lebak yang berhasil mengatasi tantangan kekeringan hingga sukses melakukan panen padi seluas 30 Ha berkat bantuan irpom.

Keberhasilan program irpom ini merupakan hasil dari visi besar Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dalam mendukung ketahanan pangan nasional. Program ini terbukti sangat efektif dalam meningkatkan efisiensi pengairan lahan pertanian terutama bagi daerah yang selama ini sulit mendapatkan air pada musim kemarau.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perkebunan selaku Penanggung Jawab PAT Provinsi Banten, Heru Tri Widarto, bersama Direktur Tanaman Kelapa Sawit dan Aneka Palma, Ardi Praptono, dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lebak, Rahmat, turun langsung melakukan monitoring persiapan tanam kedua di Poktan Sugema dan Cempaka Asri, Desa Cilangkap, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Jumat (4/10). Heru mengungkapkan, “Sistem irpom ini sangat penting untuk mendukung ketahanan pangan. Sebelumnya, poktan hanya bisa panen satu kali dalam setahun karena minimnya akses irigasi yang memadai. Tapi sekarang karena ada irpom, air yang ada di sungai bawah bisa naik ke atas mengairi lahan-lahan.”

Ketua Poktan Sugema, Nazmudin, mengungkapkan rasa syukurnya atas bantuan irpom yang diberikan Kementerian Pertanian. Berkat adanya irpom, Poktan Sugema yang semula hanya bisa panen satu kali dalam setahun kini sangat optimis bisa lakukan panen dua kali dalam setahun.

“Sekarang para petani di sini tidak lagi bergantung sepenuhnya pada curah hujan, kami yakin bisa tanam dua kali di tahun ini. Setelah ini lahan akan langsung kami garap dan mudah-mudahan minggu depan sudah bisa mulai tanam yang kedua," tambah Nazmudin.

Ketua Poktan Sugema dan Ketua Poktan Cempaka Asri optimis untuk mulai tanam yang kedua di Oktober karena adanya bantuan irpom yang semakin memudahkan mereka untuk mengairi sawah.

Dalam kunjungannya, Heru juga berdialog dengan para petani untuk mendengar langsung tantangan yang mereka hadapi serta memberikan solusi agar produktivitas semakin meningkat. Menurut Heru, Kementerian Pertanian akan terus mendukung para petani dengan berbagai program bantuan teknis dan fasilitas pertanian.