Kapolri Beri Bintang Bhayangkara Utama ke Panglima dan 3 Kepala Staf TNI, Sampaikan Pesan Ini

2 Jenderal TNI Diberi Bintang Bhayangkara Utama dari Kapolri
Sumber :
  • Antara

Jakarta, VIVA – Dua Jenderal TNI dianugerahi Bintang Bhayangkara Utama (BBU) dari Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Adapun dua Jenderal TNI tersebut yakni Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Selain dua Jenderal, Kapolri juga anugerahi Bintang Bhayangkara Utama  pada Perwira Tinggi (Pati) TNI lainnya, yakni Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Muhammad Ali, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Mohammad Tonny Harjono.

Acara penganugerahan itu dipimpin oleh Kapolri Listyo Sigit dan digelar secara tertutup di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta pukul 16.00 WIB.

Kapolri melalui Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, pemberian Bintang Bhayangkara Utama merupakan tanda kehormatan dari Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dan sinergitas dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Ini merupakan komitmen dari pimpinan Polri untuk terus meningkatkan dan menjaga sinergitas antara TNI dan Polri dalam melaksanakan tugas-tugas yang selama ini, Alhamdulillah, sudah sangat baik dan akan terus ditingkatkan,” kata Irjen Pol. Dedi Prasetyo, Jumat 4 Oktober 2024.

Sinergitas Polri dan TNI, sambung Dedi, dibangun dalam rangka untuk terus menjaga keamanan, ketertiban, dan keberlanjutan pembangunan untuk Indonesia Maju 2045.

“Bapak Kapolri juga mengucapkan terima kasih kepada Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan atas sinergitas yang terbangun selama ini dari mulai level terbawah dari tingkat Polsek kemudian tingkat Polda, kemudian tingkat Polres dan Kodim dan seluruh jajaran yang ada di wilayah dan juga di tingkat pusat yaitu Mabes Polri,” ucap Dedi menyampaikan pesan Kapolri.

Contoh sinergi yang dilakukan mulai dari pengamanan arus mudik, pengembangan pendidikan kedinasan, hingga keberhasilan pembebasan pilot Susi Air yang menjadi sandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Sebagai informasi, Dalam Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 4 Tahun 2012 disebutkan bahwa terdapat tiga tanda kehormatan Bintang Bhayangkara, yaitu Bintang Bhayangkara Utama, Bintang Bhayangkara Pratama, dan Bintang Bhayangkara Nararya.

Bintang  Bhayangkara Utama adalah yang tertinggi, disusul dengan Bhayangkara Pratama dan Bhayangkara Nararya.