Customs Visit Customers ke Perusahaan di Bogor dan Kabupaten Simalungun

Bea Cukai gelar CVC
Sumber :
  • Bea Cukai

VIVA – Gelar customs visit customers (CVC), Bea Cukai berikan asistensi secara langsung ke penerima fasilitas kawasan berikat di Bogor, PT Medifarma Laboratories dan perusahaan di KEK Sei Mangkei, Kabupaten Simalungun, PT Aice Sumatera Industry.

Di Bogor, Bea Cukai gelar CVC ke perusahaan penerima fasilitas kawasan berikat, PT Medifarma Laboratories pada Senin (09/09). PT Medifarma merupakan salah satu perusahaan dengan status positif, baik dari segi administratif/pelaporan maupun dari segi kepatuhan dalam pemanfaatan fasilitas. Dalam CVC ini, Bea Cukai Bogor menekankan, profil yang baik tersebut dapat tingkatkan levelnya menjadi authorized economic operator (AEO) agar mendapat lebih banyak kemudahan dalam proses kepabeanan.

PT Medifarma Laboratories merupakan perusahaan yang bergerak di bidang farmasi dengan produk utama adalah obat-obatan seperti decolgen, diatabs, neozep, enervon-c dan berbagai obat generik lainnya. PT Medifarma Laboratories menerima fasilitas kawasan berikat sejak tahun 2017, sekaligus pengguna fasilitas pembebasan cukai etil alkohol.

Menjelaskan kawasan berikat, Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Budi Prasetiyo, mengatakan ini adalah salah satu fasilitas dari Bea Cukai yang dapat diberikan kepada pengguna jasa dengan memenuhi persyaratan tertentu sesuai undang-undang kepabeanan. Dengan fasilitas ini perusahaan akan mendapatkan kemudahan fasilitas fiskal berupa penangguhan bea masuk, tidak dipungut pajak pertambahan nilai (PPN) dan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) atas barang yang diimpor dengan tujuan utama untuk diekspor.

Kehadiran Bea Cukai Bogor disambut baik manager logistik PT Medifarma Laboratories, Fadhiel. Menurutnya, “Kami sangat terkesan dengan terlaksananya kunjungan ini dan terima kasih atas sinergi baik yang telah terjalin. Kami merasa sangat terbantu dengan adanya fasilitas kawasan berikat dari Bea Cukai, besar harapan fasilitas ini dapat memberikan dampak yang lebih besar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.”

Serupa, Bea Cukai Pematangsiantar menggelar CVC ke PT Aice Sumatera Industry di wilayah KEK Sei Mangkei, Simalungun, pada Rabu (18/09). Kunjungan ke perusahaan ini merupakan agenda rutin dengan tujuan untuk menjaring permasalahan dan masukan dari perusahaan sehingga mendapat solusi dan meningkatkan kualitas pelayanan.

"CVC adalah salah satu bentuk komitmen kami kepada seluruh stakeholder, untuk senantiasa memberikan layanan terbaik dan solusi tepat guna sesuai dengan kewenangan yang kami miliki.  Dengan adanya saran dan masukan perbaikan baik dari sisi Bea Cukai maupun Perusahaan, semoga CVC dapat mendorong proses dan pelayanan kepabeanan yang lebih baik ke depannya,” tutup Budi.