Agustiar Sabran Dinilai Figur Pemimpin yang Bisa Angkat Martabat Dayak, Ini Alasannya

Cagub Kalimantan Tengah (Kalteng) Agustiar Sabran
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA - Figur Calon Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Agustiar Sabran terus dapat dukungan terkait komitmennya untuk mengangkat martabat dan budaya masyarakat Dayak. Agustiar diyakini bisa membawa budaya Dayak bisa dikenal luas ke nasional dan dunia. 

Komandan Brigade Barisan Pertahanan Masyarakat Dayak (Batamad) Kabupaten Seruyan, Menteng Delpris percaya dengan sosok Agustiar sebagai pemimpin yang mampu membawa budaya Dayak dikenal lebih luas.

Menurut dia, Agustiar adalah satu-satunya pemimpin yang memiliki visi jelas dan program konkret untuk merealisasikan kemajuan nyata bagi adat dan budaya Dayak. Sebagai Ketua Dewan Adat Dayak (DAD), Agustiar dinilai bisa mengangkat marwah budaya Dayak setara dengan budaya adat lain yang dikenal secara nasional.

"Sebagai Ketua DAD, kita berharap Pak Agustiar bisa mengangkat adat istiadat Dayak di Kalteng ini seperti adat-adat di daerah lain yang sudah dikenal luas," kata Menteng, Sabtu, 28 September 2024.

Pasangan Cagub dan Cawagub Kalteng Agustiar Sabran-Edy Pratowo

Photo :
  • Istimewa

Menteng juga bilang Agustiar yang juga Ketua DAD Kalteng memiliki visi besar untuk mempromosikan budaya Dayak hingga ke seluruh Indonesia. Ia yakin cita-cita Agustiar dengan menjadikan budaya Dayak akan memiliki posisi kuat. 

Menurut dia, hal itu seperti budaya Bali yang sudah sangat dikenal akan kekayaan adatnya.

"Agustiar Sabran punya cita-cita besar untuk membawa nama Dayak dikenal di seluruh Indonesia. Dan, saya yakin ia mampu mewujudkannya," tambahnya.

Menteng menambahkan, salah satu kekuatan Agustiar terletak pada jaringannya yang luas. Jaringan itu baik di daerah maupun di tingkat pusat. 

Dia bilang dengan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah, figur Agustiar diyakini bisa memanfaatkan hubungan untuk memperkuat keberadaan budaya Dayak di tingkat nasional.

"Hal ini bisa terwujud karena adanya sinergitas antara Pemerintah Daerah dengan Lembaga Adat yang terus diperjuangkan Agustiar," jelas Menteng.

Pun, ia pede jika Agustiar terpilih jadi Gubernur Kalteng maka keindahan budaya Dayak akan terus dilestarikan. Bagi dia, budaya Dayak tidak kalah dengan budaya lain di Tanah Air.

Menteng menaruh harapan agar di masa mendatang, kolaborasi antara pemerintah dan lembaga adat di bawah kepemimpinan Agustiar akan semakin erat. Ia optimis program-program yang diusung Agustiar akan menciptakan dampak positif bagi kelestarian budaya Dayak dan kemajuan Kalteng secara keseluruhan.

"Kolaborasi antara lembaga adat dan pemerintah daerah di bawah kepemimpinan Agustiar akan menghasilkan sesuatu yang positif bagi budaya dan kesejahteraan masyarakat Dayak," ujar Menteng.

Agustiar merupakan figur cagub yang berduet dengan Edy Pratowo di Pilgub Kalteng. Pasangan Agustiar-Edy diusung koalisi Gerindra, PAN, PKS, dan PSI.