309 Personel Pati dan Pamen Dimutasi Kapolri, Irjen Pol Yudhiawan Wibisono Jabat Kapolda Sulsel

Kapolri Mutasi Perwira Tinggi (pati) dan Perwira Menengah (pamen)
Sumber :
  • Divisi Humas Polri

Jakarta, VIVA – Dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi dan pelayanan kepada masyarakat, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi besar-besaran di tubuh Polri.

Sebanyak 309 personel perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (Pamen) dimutasi, termasuk penggantian empat Kapolda dan Wakapolda. Rotasi ini tertuang dalam surat telegram nomor ST/2098/IX/KEP./2024 hingga ST/2101/IX/KEP./2024 tertanggal 20 September 2024.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menegaskan bahwa rotasi ini merupakan langkah rutin untuk menjaga dinamika organisasi dan meningkatkan performa.

"Mutasi dan rotasi adalah proses alamiah di organisasi untuk meningkatkan kinerja, sekaligus mendukung konsep tour of duty di berbagai wilayah," kaya Trunoyudo dalam keterangan resminya.

Rotasi Kapolda

Dalam rotasi kali ini, Irjen Pol Yudhiawan Wibisono resmi diangkat sebagai Kapolda Sulawesi Selatan (Sulses), menggantikan Irjen Pol Andi Rian R Djajadi yang kini menjabat Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel).

Sebelumnya, Yudhiawan menjabat Kapolda Sulawesi Utara (Sulut).

Selain itu, Irjen Pol Roycke Harry, yang sebelumnya menjabat Kakorbinmas Baharkam Polri, kini memegang komando sebagai Kapolda Sulawesi Utara (Sulut).

Perubahan besar lainnya terjadi di Nusa Tenggara Barat (NTB), di mana Irjen Pol Hadi Gunawan diangkat sebagai Kapolda NTB, menggantikan perannya sebelumnya sebagai Koorsahli Kapolri.

Jabatan Baru untuk Wakapolda

Sejumlah Wakapolda juga mendapatkan tugas baru dalam rangka mendukung kepemimpinan wilayah.

Kombes Pol Pasma Royce kini menjabat Wakapolda Jawa Timur, menggantikan posisi strategis yang membutuhkan kemampuan manajemen serta kepemimpinan yang solid. Sementara itu, Kombes Pol Wibowo kini mengisi posisi Wakapolda Jawa Barat.

Adapun di Bali, Brigjen Pol I Komang Sandi Arsana dilantik sebagai Wakapolda baru, sedangkan Brigjen Tony Harsono mengambil alih jabatan Wakapolda Bangka Belitung (Babel).

Rotasi di Tingkat Mabes Polri

Tidak hanya di tingkat wilayah, rotasi ini juga menyentuh jabatan strategis di Mabes Polri.

Irjen Pol Wahyu Hadiningrat dipercaya sebagai Asisten Utama Kapolri Bidang Perencanaan Umum dan Anggaran (Astamarena), menggantikan posisi penting dalam mengelola anggaran dan program kerja Polri.

Selain itu, Irjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca ditugaskan sebagai Asisten Utama Kapolri Bidang Operasi (Astamaops).