Jokowi Sebut Pembebasan Pilot Susi Air dari KKB Hasil Kesabaran dan Tanpa Tindakan Represif

Presiden Jokowi di Jayapura, Papua
Sumber :
  • VIVA/Aman Hasibuan

Jakarta, VIVA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi proses pembebasan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens oleh TNI dan Polri yang berlangsung dengan baik. 

"Ini kan proses negosiasi yang sangat panjang, dan kesabaran kita untuk tidak melakukan dengan represif sehingga yang kita prioritaskan adalah keselamatan dari pilot yang disandera," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Sabtu, 21 September 2024.

"Sehingga proses panjang yang telah dilakukan oleh TNI dan Polri saya kira sangat bagus, saya sangat mengapresiasi," ujar Presiden.

Pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens bahagia bisa berkomunikasi dengan keluarga usai bebas dari sanderaan KKB (sumber: istimewa)

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Dia menyampaikan bahwa Mehrtens selanjutnya akan dibawa dari Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga, menuju ke rumah sakit untuk dicek kesehatannya sebelum diterbangkan kembali ke negara asalnya Selandia Baru.

Presiden juga menekankan agar setiap kegiatan di Papua seperti pembangunan infrastruktur maupun pengiriman logistik harus tetap didampingi oleh pihak aparat keamanan baik TNI maupun Polri. 

Hal tersebut, menurutnya, harus dilakukan untuk mencegah terjadinya peristiwa serupa agar tidak terulang kembali pada masa mendatang.

"Dalam membangun infrastruktur jalan, membangun jembatan, atau pilot yang membawa logistik sampai ke Nduga, sampai ke Wamena, sampai ke Puncak, semuanya harus ada dikawal oleh TNI maupun Polri untuk keamanannya," ujarnya.