Polisi Ungkap Momen Detik-detik Pilot Susi Air setelah Bebas dari Penyanderaan KKB

Pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens bahagia bisa berkomunikasi dengan keluarga usai bebas dari sanderaan KKB (sumber: istimewa)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Mimika, VIVA - Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens akhirnya bebas setelah ditawan selama 1,5 tahun oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya. 

Pembebasan berlangsung pada Sabtu, 21 September 2024, dan menjadi momen yang penuh haru sekaligus kebahagiaan bagi Istri Pilot Philip yang saat ini berada di Bali.

Dalam suasana haru, Philip didampingi oleh Kepala Satgas Humas Ops Damai Cartenz-2024 AKBP Bayu Suseno dan Kepala Polres Mimika AKBP I Komang Budiartha saat ia melakukan komunikasi video call dengan istri dan sejumlah anggota keluarganya.

Pilot Susi Air, Philip Mehrtens akhirnya bebas usai tersandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) (sumber: istimewa)

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Saat mendengar suara dan melihat wajah orang-orang tercintanya, raut wajahnya yang awalnya tegang perlahan berubah menjadi bahagia. Air mata kebahagiaan tak dapat tertahan saat ia mengabarkan bahwa ia kini telah bebas dari KKB.

“Pilot Philip Mark Mehrtens sangat bahagia saat melakukan video call bersama istri dan keluarganya untuk mengabarkan bahwa ia telah dibebaskan," kata Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo dalam keterangannya, Sabtu.

Untuk memastikan kondisi kesehatannya setelah pembebasan, Tim Kesehatan Satgas Ops Damai Cartenz-2024 telah memeriksa kesehatan Pilot Mehrtens. 

Bayu Suseno menambahkan bahwa pilot tersebut berhasil dibebaskan dan dijemput oleh tim gabungan di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga. Segera setelah itu Philip Mark Mehrtens diterbangkan menuju Markas Komando Brimob Batalion B di Timika.