Alasan Jokowi Belum Teken Keppres Pemindahan IKN: Tunggu Semuanya Siap

Presiden Jokowi Pimpin Rapat Kabinet Terakhir di IKN Nusantara
Sumber :
  • Sekretariat Presiden

Jakarta, VIVA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Keputusan Presiden (Keppres) pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur bisa saja ditandatangani oleh Presiden terpilih, Prabowo Subianto. Karena, kata dia, saat ini masih menunggu kesiapan semua sarana dan prasarana di IKN Nusantara.

“Yang tanda tangan bisa saya, bisa terpilih Pak Prabowo Subianto. Tapi kesiapan yang paling penting, kotanya ini siap betul,” kata Jokowi di JCC Senayan, Jakarta Pusat pada Rabu, 18 September 2024.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto di Istana Negara IKN

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Kata Jokowi, kesiapan di IKN Nusantara bukan hanya soal gedungnya saja, melainkan semuanya harus diselesaikan dan disiapkan terlebih dahulu sebelum pindahan. Misalnya furnitur, listrik, sumber daya manusia (SM), hingga sistemnya. Sebab, lanjut dia, ini bukan sebatas pindahan rumah saja.

“Ini bukan pindahan rumah saja, ruwetnya kaya gitu. Ini pindahan ibu kota. Jadi semuanya harus dihitung. Di sana harus betul-betul siap. Kalau cuma tanda tangan, tanda tangan gampang. Satu detik ya tanda tangan. Tapi kesiapan IKN itu sendiri, kalau yang namanya sudah ditandatangani, pindah. Pindah itu semuanya harus siap,” jelas dia.

Selain itu, kata Jokowi, pendukung lainnya di IKN Nusantara juga harus disiapkan seperti sekolah, rumah sakit dan lainnya. Makanya, Jokowi masih menunggu semua pendukung di IKN Nusantara siap dulu baru menandatangani Keputusan Presiden (Keppres).

“Kesiapan yang paling penting, kotanya ini siap betul, ekosistemnya sudah terbangun, kalau itu sudah siap. Kan juga ada yang pendukung lainnya, logistik seperti apa, sekolah untuk anak-anak yang nanti di sana siap enggak, rumah sakitnya siap enggak. Tidak hanya urusan kita pindah. Kalau hanya orangnya saja, hanya bawa baju,” tegas dia.