KPK Sita Mobil Harun Masiku yang Terparkir Bertahun-tahun di Basement Apartemen

Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika di KPK
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Jakarta, VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berhasil menemukan mobil milik Harun Masiku beserta sejumlah berkas didalamnya. Saat ini, mobil itupun disita oleh lembaga anturasuah.

"Penyidik hanya bisa mengkonfirmasi bahwa betul mobil beserta isinya telah disita oleh KPK ya, betul mobil beserta isinya telah disita oleh KPK," ujar Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika kepada wartawan dikutip Rabu 18 September 2024.

Harun Masiku

Photo :
  • Istimewa

Meski begitu, jubir berlatar belakang Polri itu, tak menjelaskan lebih rinci soal mobil hingga pencarian Harun Masiku. Dia hanya menyebut sejauh ini hanya ada informasi penyitaan mobil milik Harun Masiku yang didapatkannya.

"Lebih dari itu, detail segala macam saya tidak dibagi informasinya oleh penyidik, karena penyidik tidak ingin gaduh dan masih bekerja untuk dalam rangka pencarian saudara HM, maupun pemenuhan unsur yang perkaranya sedang ditangani," kata Tessa.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi, sampai dengan saat ini masih berupaya dengan maksimal mencari keberadaan buronan Harun Masiku. KPK baru-baru ini menemukan sebuah mobil milik Harun Masiku.

Ketua KPK, Nawawi Pomolango, mengatakan bahwa penyidik komisi anti rasuah itu berhasil menemukan mobil milik Harun Masiku yang sudah diparkir bertahun-tahun.

"Harun Masiku kami tidak pernah berhenti, terus mencari," ujar Nawawi Pomolango di Acara Media Gathering di Bogor, Jawa Barat pada Kamis 12 September 2024.

"Apa yang kita temukan yang di apa tadi, kemarin dapat mobil-mobil yang dia parkir bertahun-tahun. Itu saja mungkin yang didapat," lanjutnya.

doc. istimewa

Photo :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Nawawi menjelaskan terakhir menghubungi penyidik KPK soal pencarian Harun Masiku untuk menanyakan perkembangannya. Ia menyebut hampir setiap minggu menghubunginya.

"Hampir tiap minggu saya telpon dia (penyidik Rossa). ‘Mas bagaimana mas perkembangannya mas?’," kata Nawawi.

Diketahui, Harun Masiku merupakan tersangka kasus suap pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR periode 2019-2024. Harun tercatat pernah menjadi caleg dari PDIP.

Dia dinyatakan jadi buron sejak Januari 2020. Empat tahun berlalu, keberadaan Harun Masiku masih misterius sampai sekarang.