Jokowi Kukuhkan Paskibraka 2024 di IKN

Presiden Jokowi Pengukuhan Paskibraka 2024 di Istana Negara IKN
Sumber :
  • Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden

Penajam Paser Utara - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengukuhkan Paskibraka 2024 di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Utara pada Selasa, 13 Agustus 2024. Tampak, Presiden Jokowi menjadi Pembina Upacara memakai baju kemeja putih dilapisi dasi merah dan jas hitam serta peci.

Dalam upacara tersebut, tampak Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab) Pramono Anung, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Pemuda dan Olahraga Ario Bimo Nandito Ariotedjo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Upacara dimulai dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, kemudian mengheningkan cipta dipimpin oleh Presiden Jokowi selaku Pembina Upacara.

“Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, utamanya pendiri bangsa Bapak Bung Karno dan Bung Hatta. Mengheningkan cipta dimulai,” kata Jokowi.

Selanjutnya, pembacaan ikrar oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi. Adapun, Violetha Agryka Sianturi selaku Anggota Paskibraka yang menjadi komandan upacara, perwakilan Sumatera Utara yang disematkan lencana oleh Presiden Jokowi dan menggenggam Bendera Merah Putih digenggam dan ditempel di dada sebelah kiri.

Presiden Jokowi Pengukuhan Paskibraka 2024 di Istana Negara IKN

Photo :
  • Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden

Adapun, ikrar yang dibacakan Yudian Wahyudi ini diikuti oleh Paskibraka 2024:

Aku mengaku bahwa aku adalah makhluk Tuhan Sang Maha Pencipta dan bersumber pada-Nya.
Aku mengaku bertumpah darah satu, Tanah Air Indonesia
Aku mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia
Aku mengaku bernegara satu, Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berlandaskan Pancasila dan UUD RI Tahun 1945
Aku mengaku berjiwa dan berideologi satu, jiwa dan ideologi Pancasila dan satu UUD RI Tahun 1945
Aku mengaku bertujuan satu, masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila
Aku mengaku kebhinekaan dalam kesatuan budaya bangsa
Aku mengaku sebagai generasi penerus perjuangan besar kemerdekaan dengan akhlak dan ihsan menurut rida Tuhan Yang Maha Esa
Berdasarkan pengakuan-pengakuan ini dan demi kehormatanku sebagai kader bangsa,
Aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku untuk mengamalkan semua pengakuan ini dalam karya hidupku sehari-hari
Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkati niatku ini dengan taufik dan hidayah-Nya serta inayah-Nya.


Setelah itu, Presiden Jokowi selaku Pembina Upacara membacakan pengukuhan Paskibraka 2024.

Dengan memohon Ridho Tuhan Yang Maha Kuasa, dengan ini saya kukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka tingkat pusat tahun 2024, yang akan bertugas di Istana Negara Ibu Kota Nusantara pada tanggal 17 Agustus 2024. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam menjalankan tugas negara.