Kumpulkan Kepala Daerah di IKN, Jokowi Ingatkan Soal Pengamanan Pilkada Serentak 2024

Jokowi kasih pengarahan ke kepala daerah se Indonesia di IKN.
Sumber :
  • Tangkapan layar.

Penajam Paser Utara - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pengarahan kepada kepala daerah seluruh Indonesia di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Selasa, 13 Agustus 2024. Terlihat, ada Wali Kota Medan Bobby Nasution yang merupakan menantu Jokowi mendengarkan arahan tersebut.

Dalam arahannya, Jokowi meminta kepada seluruh kepala daerah untuk berkoordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) terkait keamanan pelaksanaan Pilkada Serentak pada November 2024.

“Saya minta berkaitan keamanan, koordinasikan dengan Forkopimda. Karena ini belum pernah kita memiliki pengalaman untuk melaksanakan Pilkada Serentak. Kalau dulu enggak serentak, keamanan bisa dibantu dari kabupaten lain, dari daerah lain dan provinsi lain. Sekarang semuanya serentak, tinggal ini betul-betul dibicarakan,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi Pimpin Rapat Kabinet Pertama di IKN

Photo :
  • Sekretariat Presiden

Jika daerah memiliki keraguan dalam hal pengamanan, Jokowi mengingatkan kepala daerah untuk meminta tambahan kekuatan kepada Kapolda. Bahkan, Jokowi menyebut provinsi bisa meminta langsung kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkait pengamanan Pilkada Serentak 2024.

“Kalau ragu-ragu dan memerlukan tambahan kekuatan agar disampaikan kepada Kapolda, kalau provinsi sampaikan ke Kapolri langsung. Karena ini menyangkut keamanan dan ketertiban nanti di dalam kegiatan pilkada yang kita akan lakukan nanti di bulan November,” ujarnya.

Di samping itu, Jokowi juga meminta kepala daerah untuk menyelesaikan soal anggaran yang terkait pelaksanaan Pilkada Serentak 2024. “Yang terakhir, saya minta urusan anggaran harus segera selesai, anggaran untuk Pilkada,” jelas dia.