Sepekan Jelang HUT RI, Jokowi Bolak Balik Jakarta-IKN

Presiden Jokowi Bersama Mensesneg Pratikno di Kantor Presiden IKN
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Jakarta - Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) satu pekan ini terpaksa harus bolak-balik Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur dan Jakarta. Sebab, Jokowi akan melaksanakan Upacara Hari Kemerdekaan ke-79 RI di Istana Negara IKN pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

Di satu sisi, Presiden Jokowi juga memiliki agenda yang harus dihadirinya di Jakarta, seperti Sidang Tahunan yang diselenggarakan MPR/DPD/DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat pada Jumat, 15 Agustus 2024.

Untuk memulai kegiatannya di IKN Nusantara, Presiden Jokowi terbang ke Kalimantan Timur dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Minggu, 11 Agustus 2024, jam 14.00 WIB. 

Rencananya, Presiden Jokowi menginap di Istana IKN. Sebab, Presiden Jokowi akan menggelar Sidang Kabinet Paripurna di Istana Garuda, IKN Nusantara pada Senin, 12 Agustus 2024, jam 09.30 WITA.

"Rencana Presiden bersama Wakil Presiden akan menggelar Sidang Kabinet Paripurna perdana di IKN, rencana akan dilaksanakan 12 Agustus sekitar pukul 09.30," kata Deputi Protokol, Pers dan Media Istana Presiden, Yusuf Maulana.

Presiden Jokowi Bersama Mensesneg Pratikno di Kantor Presiden IKN

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Namun, Yusuf tidak bisa menyampaikan materi apa yang akan menjadi pembahasan dalam Sidang Kabinet Paripurna oleh Presiden Jokowi bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Istana Negara IKN. Menurut dia, tema sidang tersebut disiapkan oleh Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab) Pramono Anung.

"Kalau untuk substansi persidangan, mungkin dari Pak Seskab yang akan menyiapkan tema atau substansi Sidang Kabinet," ujarnya.

Usai Sidang Kabinet Paripurna, Presiden Jokowi rencananya akan meninjau dan mengecek Istana Wakil Presiden di IKN Nusantara, Kalimantan Timur pada Senin, 12 Agustus 2024.

"Kalau nanti Pak Wapres hadir di IKN saat Sidang Kabinet Paripurna pada 12 Agustus 2024 yang akan datang, kita akan usulkan sekaligus (hadir) groundbreaking Istana Wapres," kata Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja.

Kemudian, Presiden Jokowi diagendakan akan memberikan pengarahan kepada Gubernur, Bupati dan Wali Kota se-Indonesia di Istana Garuda, IKN pada Selasa, 13 Agustus 2024 pagi. Selanjutnya, Jokowi dijadwalkan mengukuhkan Tim Paskibraka tahun 2024 untuk Upacara 17 Agustus pada sore harinya di IKN.

Pada Rabu, 14 Agustus, Jokowi akan melihat secara langsung gladibersih peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara IKN. Setelah itu, Jokowi balik ke Jakarta untuk memberikan Penganugerahan Tanda Kehormatan Republik Indonesia di Istana Negara Jakarta.

"Bapak Presiden akan melihat secara langsung gladibersih peringatan detik-detik Proklamasi, mulai  dari tata upacaranya termasuk juga keseniannya. Setelah gladibersih, pulang ke Jakarta. Sore harinya, beliau akan memberikan tanda kehormatan RI," ujar Yusuf.

Sementara, Presiden Jokowi akan berada di Jakarta hingga Sidang Tahunan MPR/DPD/DPR RI pada Jumat, 16 Agustus 2024. Namun, agenda kegiatan Presiden Jokowi pada Kamis, 15 Agustus 2024, belum bisa diumumkan.

Setelah menghadiri Sidang Tahunan MPR/DPD/DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan pada Jumat sejak pagi hari, 16 Agustus 2024, Presiden Jokowi langsung bertolak ke IKN Nusantara, Kalimantan Timur sore harinya. Karena, Jokowi ada kegiatan di IKN pada malam harinya.

"Apel Kehormatan Renungan Suci di Taman Kusuma Bangsa IKN," kata Yusuf lagi.

Setelah itu, Presiden Jokowi melaksanakan Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara IKN pada Sabtu, 17 Agustus 2024. Sedangkan, kegiatan di Istana Merdeka Jakarta pada 17 Agustus nanti dihadiri Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Wakil Presiden RI terpilih, Gibran Rakabuming Raka serta sejumlah menteri.

"Kami mohon doa kepada masyarakat Indonesia agar pagelaran-pagelaran acara di Bulan Kemerdekaan ini dapat berjalan dengan baik, sebagaimana harapan kita bersama dan menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mensukseskan seluruh rangkaian acara HUT RI yang akan kita rayakan dengan suka cita dan gembira," ujar Yusuf.