Dukungan KIM Dinilai Perkuat Khofifah-Emil, Berpotensi Pimpin Kembali Jatim

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersama Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak di kediamannya di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Jumat, 7 Juni 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA – Dukungan dari partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) kepada bakal calon gubernur dan wakil gubernur Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak  memperkuat keduanya sehingga semakin berada di atas angin.

Hal itu dikemukakan Pengamat Politik Universitas Al Azhar Ujang Komarudin. "Karena memang dia (Khofifah-Emil) itu incumbent, elektabilitas tinggi, dan didukung oleh koalisi pemerintah. Ini yang menjadi keduanya kuat, dan sampai saat ini kan belum ada penantangnya," ujar Ujang dalam keterangannya dikutip Minggu, 4 Agustus 2024.

Ujang menyebutkan, sangat wajar jika sampai saat ini PDIP, PKB, dan Nasdem selaku masih belum juga menentukan siapa sosok yang mampu menghadapi Khofifah-Emil.

Pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak saat hendak bertemu Prabowo Subianto

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Ujang mengatakan, belum adanya sosok kandidat lain di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim karena tertutup kedigdayaan Khofifah-Emil. Kubu lawan, menurut Ujang, kesulitan mencari calon yang sebanding dengan Khofifah-Emil saat ini.

"Belum ada penantang yang berani berhadapan dengan Khofifah (dan Emil) di Jatim. Saya melihatnya potensi menang ya besar," ujarnya.

Bahkan, Ujang memprediksi Khofifah-Emil bisa menang telak di Pilgub Jatim. "Potensi menangnya saya lihat ya bisa di atas 60 persen," lanjutnya.

Adapun faktor penunjang kekuatan Khofifah-Emil, menurut Ujang, ada pada statusnya sebagai incumbent. Khofifah-Emil pernah menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim periode 2019-2024.