Istana Undang Megawati dan SBY Hadiri Upacara HUT ke-79 RI di IKN

Mensesneg Pratikno dalam konferensi pers di Gedung Kemensetneg, Jakarta Pusat, Kamis, 1 Agustus 2024 (sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta, VIVA – Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan, pihaknya mengundang Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk hadir dalam upacara peringatan HUT ke-79 RI di Istana Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Jadi untuk mantan presiden rencananya kami undang untuk upacara di IKN bersama dengan Bapak Presiden," kata Pratikno dalam konferensi pers di Gedung Kemensetneg, Jakarta Pusat, Kamis, 1 Agustus 2024.

Meski demikian, Pratikno menyebutkan, pihaknya terbuka jika Megawati dan SBY berhalangan hadir ke IKN namun hanya bisa menghadiri upacara di Istana Merdeka, Jakarta.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

"Tentu saja kalau ada hal-hal yang menyulitkan tentu saja kami terbuka kalau beliau-beliau.tidak hadir di IKN, tapi hadirnya di Jakarta," katanya.

Di sisi lain, Pratikno menjelaskan untuk mantan wakil presiden RI akan menerima undangan upacara peringatan HUT RI ke-79 di Istana Merdeka, Jakarta.

"Jadi sementara rencananya begitu, sementara mantan wakil presiden diundangnya di Jakarta," ucap Pratikno.

Sebelumnya diberitakan, upacara peringatan detik-detik kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79 akan digelar di dua lokasi berbeda, yakni Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur dan Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno mengatakan, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan menjadi inspektur upacara pada peringatan HUT RI ke-79 di IKN. Sementara upacara di Istana Merdeka mengikuti pelaksanaan di IKN.

"Upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, waktunya mengikuti waktu Indonesia Barat, upacaranya atau upacara militer dilaksanakan di IKN dengan inspektur upacara Bapak Presiden. Sedangkan acara upacara di halaman Istana Merdeka Jakarta itu mengikuti tata upacara militer di IKN," kata Pratikno dalam konferensi pers di Gedung Kemensetneg, Jakarta Pusat, Kamis, 1 Agustus 2024.

Pratikno menyebutkan, upacara penurunan bendera merah putih juga turut diselenggarakan di dua lokasi, yakni IKN dan Istana Merdeka, Jakarta.

"Kemudian upacara penurunan bendera sang merah putih juga diselenggarakan di dua tempat baik di IKN maupun di halaman Istana Merdeka, Jakarta," ujarnya.