Mobil Plat RI 24 Masuk dan Terjebak di Jalur Busway, Kemenag Buka Suara

Viral mobil menteri masuk jalur busway
Sumber :
  • Tangkapan layar Instagram @terangmedia

Jakarta – Baru-baru ini sebuah video viral, yang memperlihatkan sebuah mobil menggunakan pelat nomor RI 24 terjebak di jalur TransJakarta (busway). Berdasarkan informasi, mobil tersebut adalah kendaraan milik Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Kementerian Agama (Kemenag) melalui juru bicaranya, Anna Hasbie membenarkan kejadian tersebut.

Anna menyampaikan bahwa peristiwa itu terjadi pada Selasa pagi, 23 Juli 2024, saat Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas hendak menuju kantor Kemenag di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat (Jakpus).

Menteri Agama Yaqut Cholil

Photo :
  • Istimewa

Dia juga mengatakan bahwa tidak setiap hari mobil RI 24 menggunakan jalur busway.

"Dalam praktiknya, baik rute maupun lajur mana yang digunakan tergantung patwal yang berkoordinasi dengan petugas di jalan," kata Anna saat dihubungi VIVA, pada Rabu, 24 Juli 2024.

Dia menjelaskan bahwa dalam video tersebut bukan bus Transjakarta menghalangi jalan. Tetapi bus tersebut mengalami gangguan dan menginfokan pada patwal soal gangguan tersebut sehingga patwal memutuskan untuk lewat jalur lain.

"Selain bus Transjakarta, ada tiga kendaraan lain yang diperbolehkan melintas di Busway, yakni ambulans, mobil pemadam kebakaran, dan mobil dinas berpelat RI."