Pesan Jokowi Sambut Tahun Baru Islam 1446 Hijriah

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di acara upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-78 di Monas, Jakarta Pusat, Senin, 1 Juli 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut Tahun Baru Islam 1446 Hijriah/2024 Masehi sebagai momentum peningkatan takwa dan keimanan kepada Allah SWT.

Ajakan dan pesan tersebut disampaikan Jokowi melalui pernyataan tertulis di akun Instagram @jokowi yang di-posting di Jakarta, hari ini.

"Memasuki Tahun Baru Islam 1446 H, mari kita tingkatkan ketakwaan dan keimanan kepada Allah SWT," demikian petikan dari ajakan tersebut, dikutip, Minggu 7 Juli 2024.

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

"Selamat Tahun Baru Islam, semoga setiap langkah kita diridhoi oleh-Nya," ujarnya.Seperti diketahui, Tahun Baru Hijriah didasarkan pada peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah sebagai simbol perjuangan dan pengorbanan dalam mencari ridha Allah SWT.

Nabi Muhammad SAW menghadapi berbagai tantangan dan rintangan, namun dengan kesabaran dan keikhlasan, beliau berhasil membangun masyarakat yang adil dan sejahtera di Madinah.

ucapan selamat tahun baru Islam

Photo :
  • freepik

Pemerintah RI telah menetapkan tanggal 1 Muharram 1446 H jatuh pada Ahad (7/7). Hal ini sesuai dengan Kalender Hijriah Indonesia Tahun 2024 oleh Kemenag RI, dan Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024.

Dalam Kalender Hijriah Indonesia Tahun 2024, tanggal 1 Muharam 1446 H bertepatan dengan 7 Juli 2024. Selaras dengan SKB Tiga Menteri, hari ini ditetapkan sebagai tanggal merah untuk hari libur nasional peringatan Tahun Baru Islam 1446 H. (Ant)