Update Terbaru Penanganan Gangguan Server PDN Bandara Soetta, Imigrasi Tambah Personel
- VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)
Tangerang – Kantor Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta, menambah 100 personel di tempat pemeriksaan imigrasi (TPI). Penambahan personel ini merupakan upaya untuk mengular antrean di konter pemeriksaan, lantaran server pusat data nasional atau PDN masih mengalami gangguan.
"Hingga saat ini, sistem perlintasan di bandara dan pelabuhan belum dapat beroperasi normal. Untuk mengatasi situasi tersebut, kami menambah personel di tempat pemeriksaan imigrasi, di Bandara Soetta, kita tambah 100 personel," kata Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim saat mengecek antrean dan sistem pelayanan perlintasan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu, 22 Juni 2024.
Dari hasil pengecekan itu, Silmy menyebutkan bila kondisi antrean sudah terkendali dibandingkan dengan dua hari yang lalu. Mengingat, baik dari petugas, pengelola dan pemerintah, berupaya memberikan imbauan kepada penumpang untuk datang lebih awal dari waktu penerbangan.
"Saya pantau antrean sudah terkendali, tidak seperti dua hari lalu," ujarnya.
Pemeriksaan keimigrasian dilakukan secara manual. Petugas menerakan cap kedatangan dengan menuliskan keterangan tanggal, jam, nomor penerbangan, paraf petugas serta dilakukan dokumentasi (foto). Bagi warga negara asing (WNA), dilakukan pula pencatatan nomor visa dan durasi izin tinggal.
"Sedangkan untuk mengantisipasi melintasnya penumpang yang termasuk dalam daftar cekal, sistem passenger analysis unit telah beroperasi untuk memverifikasi seseorang masuk ke dalam daftar cekal atau tidak dengan menggunakan kamera yang telah tersedia di setiap konter imigrasi," ungkapnya.