Gibran: Cawapres Paling Diperbincangkan di Media Online dan Seluruh Platform Media Sosial

Gibran Rakabuming Raka Debat Keempat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Peran media sosial dan media daring semakin krusial dalam mengukur sejauh mana presiden atau calon wakil presiden dapat membangun citra dan dukungan publik.

Evello Big Data Analitik, merilis hasil analisis: Gibran Rakabuming Raka menonjol sebagai Calon Wakil Presiden dengan interaksi paling tinggi di berbagai platform media dan media sosial, menguasai 22 metrik yang signifikan.

Analisis Cawapres

Photo :
  • Istimewa

Periode pantau 1 s.d. 23 Januari 2024, dalam pernyataannya, Dudy Rudianto, founder Evello Big Data Analitik menekankan bahwa tidak ada kandidat yang secara mutlak mendominasi ekspos ranah digital, namun Mahfud MD terlihat unggul tipis dengan Share Index 34,42%, diikuti Muhaimin Iskandar 34%, dan Gibran Rakabuming Raka 32%.

"Ketiga cawapres bergantian memimpin ekspos sepanjang Januari 2024. Mahfud MD mendominasi tipis, sedangkan Gibran unggul dari jumlah publikasi di media online," ungkap Dudy.

Dudy Rudianto menjelaskan perbedaan ekspos dan interaksi, ’’Ekspos adalah agregat jumlah pos konten atau unggahan di media sosial dan jumlah pemberitaan media, sedangkan interaksi mengacu pada pengukuran berbagai jenis keterlibatan atau respons yang diterima tokoh dari seluruh platform media sosial yang digunakan tokoh untuk menjangkau audiens. Metrik interaksi bisa berupa komentar Instagram, video TikTok di download atau jumlah tayang (views) video Youtube’’.

Dari total 33,980 artikel berita selama Januari 2024, Gibran mendominasi pemberitaan dengan 16 ribu artikel, sedangkan Mahfud MD dan Cak Imin masing-masing memiliki 10 ribu dan 7 ribu artikel. Dalam hal keterlibatan online, Total Shared News Gibran 224.755, Mahfud 179.909 dan Cak Imin 163.273. Total Comments Gibran 29.675, Mahfud 27.290 dan Cak Imin 18.500. Total Reaction untuk Gibran adalah 117.782, Mahfud 92.668 dan Cak Imin 75.314.

Dudy Rudianto menegaskan bahwa interaksi digital bukan sekadar mencerminkan popularitas, melainkan juga membentuk opini publik terhadap seorang cawapres melalui dinamika interaksi digital. Dalam dunia yang semakin terdigitalisasi, kekuatan online visibilities dapat mempengaruhi bagaimana masyarakat merespon cawapres dan program yang ditawarkan.

Di Twitter, Gibran dan Mahfud menguasai tren replies pada Twitter, sementara Cak Imin menjadi cawapres dengan quotes terbanyak. Cak Imin mengoleksi jumlah favorites terbanyak di twitter dengan gap sangat tinggi dibandingkan Gibran dan Mahfud. Gibran unggul tipis atas Cak Imin dalam jumlah repost dan jauh meninggalkan Mahfud MD. Cak Imin menjadi kandidat Cawapres terbanyak ditonton warga Twitter pada periode 1 – 23 Januari 2024 dengan 83.524.378 kali tayang alias unggul lebih dari 10 juta kali tayang dibandingkan Gibran 72.816.880 dan jauh meninggalkan Mahfud MD 43.447.031 tayang.

Di Instagram, Gibran menguasai kuadran perbandingan antara Comment vs Likes dan juga Comment vs Views. Cak Imin yang sebelumnya berjaya di Twitter tertinggal dalam jumlah interaksi dibandingkan Mahfud MD.  Jumlah Comment Gibran 616.501, Mahfud 363.332 dan Cak Imin 259.618. Jumlah Likes Gibran 15.124.530, Mahfud 5.997.528 dan Cak Imin 2.735.598. Jumlah views untuk Gibran 43.154.350, Mahfud 16.594.560 dan Cak Imin 14.534.186.

YouTube juga menjadi medan perang digital, Gibran menguasai kuadran perbandingan antara Comment vs Likes dan juga Comment vs Views. Mengikuti kuadran di Instagram, Mahfud memiliki interaksi lebih tinggi dibandingkan Cak Imin. Jumlah Comment Gibran 974.221, Mahfud 717.799 dan Cak Imin 364.987. Jumlah Likes Gibran 1.283.115, Mahfud 1.014.456 dan Cak Imin 540.955. Jumlah views untuk Gibran 125.196.221, Mahfud 92.666.447 dan Cak Imin 50.989.369.

Analisis Cawapres

Photo :
  • Istimewa

Di TikTok, Gibran menguasai jumlah interaksi melalui tombol Love sebanyak 83.887.030, Mahfud MD 11.859.401 dan Cak Imin 5.460.430. Adapun jumlah komentar yang dikoleksi Gibran mencapai 4.028.333, Mahfud 1.130.372 dan Cak Imin 410.378. Pada kuadran Shares vs Shares to WhatsApp di Tiktok, Gibran terbanyak dibagikan 1.681.095 shares dan 512.177 Shares to WhatsApp. Berada pada posisi kedua adalah Mahfud MD dengan shares 390.053 dan Shares to WhatsApp 132.512. Cak Imin di posisi ketiga dengan Shares 118.704 dan Shares to WhatsApp 42.949.

Masih di TikTok, pada kuadran Download vs Collect, Gibran terbanyak diunduh 1.316.308 download dan 4.856.279 Bookmark. Berada pada posisi kedua adalah Mahfud MD dengan unduhan 286.824 dan 811.163 bookmark. Cak Imin di posisi ketiga dengan unduhan 102.963 dan 313.506 bookmark.