PKB: DPW Berani Papua Bisa Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Bumi Cenderawasih

Ketua DPP PKB Halim Iskandar lantik pengurus BERANI se Papua Barat Daya.
Sumber :
  • istimewa

JakartaKetua DPP PKB, Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim bersama ratusan tokoh lintas iman menghadiri acara pelantikan pengurus tingkat provinsi hingga kabupaten Badan Persaudaraan Antariman (BERANI) se-Papua Barat Daya di Kota Sorong, Papua Barat Daya.

Gus Halim mengatakan Indonesia bukan negara Islam, tapi negara Pancasila. Sebelum Indonesia merdeka, kata dia, Nahdlatul Ulama (NU) sudah mendeklarasikan bahwa Indonesia bukan negara Islam.

"Jika ada yang menyebut Indonesia ini sebagai negara Islam, maka dia harus berhadapan dengan PKB,” kata Gus Halim melalui keterangan tertulisnya pada Jumat, 17 November 2023.

Ketua DPP PKB Halim Iskandar lantik pengurus BERANI se Papua Barat Daya.

Photo :
  • istimewa

Menurut dia, keberadaan Berani dan relawan lintas iman di Papua Barat Daya sebagai jalur memberikan kesempatan warga Papua untuk meningkatkan kesejahteraan. Karena, kata dia, isu besar Papua adalah soal kesejahteraan.

“Kehadiran Berani di tanah Papua dapat sebagai saluran warga Papua seperti yang diamanatkan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar yang juga calon Wakil Presiden 2024," ujar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Sementara Ketua Umum DPP Berani, Lorens Manuputty menjelaskan Berani merupakan Badan Otonom PKB untuk menghimpun kekuatan komunitas lintas iman. Menurut dia, kehadiran Berani ini untuk menjalankan visi besar yang digagas Pendiri PKB, KH. Abdurrahman Wahid (Gusdur).

“Gusdur dalam membangun PKB selalu mengedepankan rasa toleransi dalam beragama,” jelas dia.