BNPT dan TWC Borobudur, Prambanan, Ratu Boko Resmikan Warung NKRI

BNPT dan TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Kolaborasi Bangun Warung NKRI
Sumber :
  • YouTube Humas BNPT

VIVA Nasional – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang dan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko membangun Wadah Akur Rukun Nurani Gelorakan NKRI atau Warung NKRI.

Program ini ditandatangani Kepala BNPT, Komjen Pol. Boy Rafli Amar, dengan Direktur Utama TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Edy Setijono, Senin 24 Oktober 2022.

Kepala BNPT Boy Rafli Amar di Ponpes Tebuireng, jombang.

Photo :
  • Istimewa

“Strategi kita ini dikenal dengan konsep pentahelix dalam melawan terorisme, kita bikin program warung dengan ada ornamen merah putih dan obrolan-obrolan tentang kebangsaan,” kata Kepala BNPT saat menjelaskan Warung NKRI, dilansir dari YouTube Humas BNPT.

Boy menjelaskan bahwa Warung NKRI merupakan salah satu anak program kontra radikalisasi. Dalam warung ini BNPT berkolaborasi dengan berbagai pihak sebagai wujud implementasi dari konsep pentahelix. Tidak hanya menggandeng pemerintah daerah, pihak swasta dan BUMN turut dilibatkan dalam Warung NKRI.

Edy Setijono menyambut baik kolaborasi pencegahan terorisme antara BNPT dan TWC. Tidak dipungkiri ideologi radikal terorisme rentan menyerang berbagai lapisan masyarakat. Oleh karena itu, seluruh pihak harus berkontribusi dalam mencegahnya.

"Program ini inline dengan kami, satu sisi untuk mencegah paham-paham radikal dan juga untuk meningkatkan pariwisata masyarakat sekitar candi," kata Edy Setijono

Kerja sama formal antara BNPT dan TWC diwujudkan melalui Perjanjian Kerja Sama yang ditandatangani dalam dialog kebangsaan bertajuk Melestarikan Budaya Merawat Keberagaman Menuju Indonesia Harmoni.