40 Tahun Perjalanan Perusahaan Korek Api Gas PT Tokai
- VIVA/Ridwan Putra
VIVA Nasional – Hampir setengah abad, industri penghasil korek api gas PT Tokai Dharma Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-40 hari ini, Minggu 28 Agustus 2022.
Dalam perayaan HUT ke-40 ini, PT Tokai Dharma Indonesia mengadakan berbagai kegiatan, seperti donor darah, jalan sehat, serta memberikan wadah bagi para UMKM di Kota Depok.
Presiden Direktur PT Tokai Dharma Indonesia, Octavianus Kirana Indra mengatakan, pada perayaan HUT ke-40 ini, PT Tokai ingin terus menjadi perusahaan terbesar dalam industri pabrik korek api gas dan memimpin market nasional.
"HUT ke 40 tahun ini, PT Tokai Dharma Indonesia mengkampanyekan #PenuhKehangatanDiSetiapGenerasi," kata Octavianus kepada wartawan, Minggu 28 Agustus 2022.
Octavianus mengatakan, PT Tokai Dharma Indonesia berdiri sejak tahun 1982 dengan nama PT Tokai Apollon Indonesia. Perusahaan itu awalnya merupakan pabrik assembling atau hanya merakit bahan jadi yang dikirim dari Jepang.
Memasuki tahun 1984, PT Tokai mulai merubah core bisnisnya menjadi perusahaan manufaktur atau mulai memproduksi sendiri korek api gas dengan pabrik pertama di Jalan Raya Jakarta-Bogor KM 36 Sukmajaya Depok.
Memasuki tahun 2000, PT Tokai mengganti namanya menjadi PT Tokai Dharma Indonesia. Seiring dengan itu, ekspansi penjualan dengan kapasitas produksi optimal terus dikembangkan hingga dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia dari pulau Sumatera hingga pulau Papua, dengan penjualan yang terus meningkat.
"Pada tahun 2010, Tokai mulai membangun pabrik kedua dan di 2012 memulai produksi di Jl. Raya Jakarta Bogor KM 29,6 Tugu, Cimanggis, Kota Depok," katanya.
Octavianus menambahkan, hingga kini market penjualan PT Tokai bukan hanya di Indonesia, tapi juga merambah ke luar negeri seperti Eropa, Amerika dan Asia.
"PT Tokai Dharma Indonesia telah merencanakan visi dan misi untuk menjadi perusahaan yang memiliki angka pertumbuhan terbaik, menjadi pemimpin produksi korek api gas paling efisien, kualitas produk terbaik, serta didukung oleh sumber daya manusia terbaik," katanya.
“Untuk penjualan domestik, tingkat penjualan kami di angka 90 persen. Kami mempunyai peranan besar di pasar domestik. Sementara untuk ekspor kami sudah menjajaki sejumlah negara di Eropa, Amerika, dan Asia,” tambahnya.
Produk yang dipasarkan yakni, korek api gas, biopipe, piezo dan barbeque lighter produk baru Soulmatch.
“Di 2020, kami juga membuat inovasi produk baru gas portable kebutuhan memasak, gas tech kebutuhan technical, gas refill untuk isi ulang pada korek gas, dan juga menciptakan korek api gas hybrid ramah lingkungan dengan merek ZET dan IZI yakni korek api gas yang bisa di refill,” ungkapnya.
Nasional Sales Manager PH Susanto mengungkapkan di usianya yang ke-40 PT Tokai terus memberikan produk yang terbaik dengan mengandalkan kualitas.
"Yang membuat kita bisa bertahan hingga kini, karena kita mengandalkan kualitas," kata Susanto.
Bahkan selama pandemi, kata Susanto, PT Tokai juga tetap dapat bertahan, tanpa ada pengurangan karyawan.
“Dari ratusan karyawan kami, 85 persennya merupakan warga Kota Depok. Dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok pun kami selalu bersinergi,” ujarnya.
Sales Manager Mohammad Rosyid menjelaskan dalam setiap bulannya PT Tokai Dharma Indonesia bisa memproduksi 30 juta korek api gas untuk dipasarkan.
“Kini dalam setiap bulannya kami memproduksi sekitar 30 juta korek api gas, ada pula kerjasama-kerjasama untuk custom,” katanya.
Dirinya berharap di HUT ke-40 PT Tokai semakin terdepan dan terus bisa memberikan berbagai inovasi sesuai dengan kebutuhan pasar.
“Kami berharap produksi bisa lebih ditingkatkan, produk-produk yang kami hasilkan bisa lebih berinovasi. Bahkan, di tahun ini kami akan mengeluarkan kompor portable karena kami sudah memproduksi gas portablenya, yang kini menjadi kebutuhan pasar,” katanya.
Baca juga: Pabrik Korek Api Gas di Tangerang Terbakar