5 Fakta Suharso Monoarfa, Menteri yang Gugat Cerai Istrinya

Suharso Monoarfa buka Rapat Anggota KOI
Sumber :
  • KOI/NOC Indonesia

VIVA – Suharso Monoarfa, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), sekaligus sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional di kabinet Indonesia Maju bersama Presiden Joko Widodo sedang jadi sorotan publik. Dia diam-diam menggugat cerai istrinya.

Politisi yang lahir pada 31 Oktober 1954 itu merupakan ketua umum dari Partai Persatuan Pembangunan pada 20 Maret 2019 menggantikan posisi dari Romahurmuziy dan terpilih secara aklamasi dalam muktamar IX Partai Persatuan Pembangunan sebagai ketua Umum PPP pada tanggal 19 Desember 2020.

Suharso pernah menjabat sebagai anggota Dewan Pertmbangan Presiden pada 19 Januari 2015 sampai 22 Oktober 2019 bersama Presiden Joko Widodo, sebelumnya pun pernah menjadi Menteri Perumahan Rakyat di masa Kepresidenan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 22 Oktober 2009 sampai akhirnya mengundurkan diri pada 17 Oktober 2011.

Berikut beberapa fakta Pernikahan Suharso Monoarfa dengan Istri pertama, Carolina Kaluku, seperti dikutip dari beberapa sumber:

1. Cerai Dengan Istri Pertama

Carolina Kaluku, istri Suharso Monoarfa

Photo :
  • Antara/ Agus Apriyanto

Memiliki karir yang cemerlang di dunia perpolitikan, akan tetapi Suharso Monoarfa harus digugat cerai oleh istri pertamanya Carolina Kaluku yang dinikahinya pada tahun 1983, Carolina sebelumnya meminta gugatan cerai kepada ketua umum PPP itu pada tanggal 12 September 2011, Carolina sempat mencabut gugatan itu pada tanggal 14 September 2011, pada akhirnya resmi berpisah pada tanggal 02 Januari 2012.

2. Anak Suharso Monoarfa dari Istri Pertama

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa saat vaksinasi COVID-19.

Photo :
  • Dok. Bappenas

Dipernikahan yang pertamanya bersama dengan Carolina Kaluku, Suharso Monoarfa dikaruniai tiga orang anak, pertama Andhika Mohammad Yudhistira Monoarfa, kedua Raushanfikri Enaldo Monoarfa dan terakhir Ainy Syahputri Monoarfa.

3. Istri Keduanya bernama Nurhayati Effendi

Nurhayati Effendi

Photo :
  • Berbagai sumber

Dalam proses penggugatan cerai dari Carolina Kaluku yang nggak mau di madu oleh Suharso Monoarfa, Politisi 67 tahun itu sebelumnya sudah menikahi istri keduanya yaitu Nurhayati Effendi pada tahun 2009, Nurhayanti sekarang menjabat sebagai anggota komisi II DPR RI.

4. Sudah PDKT dengan Nurhayanti Sejak 2008

Mantan Menpera Suharso Monoarfa dan istri mudanya

Photo :
  • VIVAnews/Nila Chrisna Yulika

Suharso Monoarfa menceritakan awal mulanya dekat dengan Nurhayanti, pada tahun 2008 Suharso sudah mendekati Nurhayati Efendi yang sekarang masih menjadi Anggota Komisi II DPR RI kemudian dinikahinya pada tahun 2009, hal itu jauh sebelum Suharso menjadi Menteri.

5. Siapa Nurhayati Effendi?

Nurhayati Effendi merupakan seorang politisi dari Partai Persatuan Pembangunan, ia terpilih menjadi Anggota DPR RI daerah pemilihan Jawa Barat, yang meliputi Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Garut pada 01 Oktober 2014.

Setelah lulus dari SMA Negeri 47 Jakarta pada tahun 1985-1988, ia melanjutkan pendidikannya di Akademi Publik Relations Interstudi Jakarta tahun 1993.