Kapal Karya Indah Terbakar di Perairan Sula, 181 Penumpang Selamat

Kapal motor Karya Indah terbakar sesaat setelah berlayar dari Pelabuhan Ternate menuju pelabuhan Sanana, Halmahera Selatan, Maluku Utara, Sabtu pagi, 29 Mei 2021.
Sumber :
  • IST

VIVA – Kapal motor Karya Indah terbakar sesaat setelah berlayar dari Pelabuhan Ternate menuju pelabuhan  Sanana, Halmahera Selatan, Maluku Utara, Sabtu pagi, 29 Mei 2021.

Berdasarkan rekaman video amatir yang beredar di media sosial, para penumpang terlihat menyelamatkan diri dan mengapung di atas permukaan laut. Para penumpang ini mencoba menyelamatkan diri dari kapal yang terbakar itu.

Muhhamad Arafa, Kepala Basarnas Ternate, mengonfirmasi insiden kebakaran KM Karya Indah di perairan Kepulauan Sula. Di dalam kapal itu ada 14 kru atau awak dan 181 orang penumpang, katanya.

Sebelum terbakar di perairan Kepulauan Sula, menurutnya, KM Karya Indah bertolak pada Jumat petang, 28 Mei, dari Pelabuhan Ternate menuju Pelabuhan Sanana. Lokasi kejadian kebakaran di perairan Lif Matol, 30 mil dari pelabuhan Sanana dan 5 mil arah timur laut dari pulau Lif Matola.

Arafah mengatakan, setelah menerima informasi pukul 08.50 WIT, tim penyelamat Unit Siaga SAR Sanana segera menuju lokasi untuk melaksanakan pertolongan menggunakan KNP 592. “Para penumpang seluruhnya berhasil dievakuasi dan tidak ada korban jiwa,” katanya.

Christ Belseran dan Ikbal Hamzah/Ternate