Kereta Bandara Solo Tak Gratis Lagi, Ini Tarifnya

Kereta Api Bandara Solo
Sumber :
  • Fajar Sodiq

VIVA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai memberlakukan tiket berbayar untuk layanan moda transportasi Kereta Api Bandara Solo mulai Minggu, 1 Maret 2020. Kereta api yang menjadi sarana integrasi antarmoda itu tiketnya dibanderol antara Rp8.000 hingga Rp10.000.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) VI Yogyakarta, Eko Budiyanto mengatakan, pihaknya telah menerima surat dari Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan terkait pemberlakuan tarif Kereta Api Bandara mulai 1 Maret 2020. 

"Surat dari dirjen Perkeretapian itu dikirimkan kepada dirut PT KAI pada tanggal 28 Februari 2020," kata Eko, Minggu, 1 Maret 2020.

Adapun harga tiket Kereta Api Bandara relasi Klaten-Stasiun Balapan- Kadipiro-Bandara Adi Soemarmo atau sebaliknya itu dibanderol Rp10.000 per tiket. Sementara itu, untuk Kereta Bandara dengan relasi Klaten-Solo Balapan-Kadipiro alias tidak masuk Stasiun Bandara Adi Soemarmo hanya dipasang tarif Rp8.000 per tiket.

"Belum sempat tarif KA Bandara diberlakukan pada Sabtu kemarin, pada pukul 21.30 WIB untuk harga tiket Rp15.000 turun tarif menjadi Rp10.000 per tiket. Tapi untuk tarif tiket Rp8.000 tidak berubah," ucapnya.

Sebelum diterapkan tiket berbayar untuk Kereta Api Bandara, Eko mengungkapkan, PT KAI telah menggratiskan tiket moda angkutan tersebut selama dua bulan. Hal ini dilakukan agar masyarakat bisa merasakan naik Kereta Api Bandara yang turun langsung di Bandara Adi Soemarmo.

"Penetapan tarif tiket Rp0 itu telah diterapkan sejak akhir Desember 2019 sampai dengan 29 Februari 2020 kemarin setelah KA Bandara beroperasi pada akhir tahun lalu," ucapnya.