Menhub Ingatkan Pemudik via Tol Tak Berkendara Lebih 100 Km per Jam

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • VIVA/Edwin Firdaus

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau para pemudik agar tetap mengutamakan keselamatan selama perjalanan menuju kampung halamannya. Dia mewanti-wanti sebab angka kecelakaan selalu tinggi saat arus mudik Lebaran, terutama para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

"Sekarang masalahnya bukan macet, tapi keselamatan," kata Budi Karya kepada wartawan saat inspeksi mendadak di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis, 30 Mei 2019.

Berdasarkan riset Kemenhub, kata Budi, masalah kemacetan, terutama di sejumlah titik jalur arus mudik, baik ke arah Jawa Tengah dan Jawa Timur, Banten, dan Sumatera, sarana dan prasarananya sudah sangat baik. Maka kemacetan bisa diatasi dengan baik pula.

Meski begitu, dia mengimbau kepada para pengguna jalan tol untuk tak mengendarai kendaraannya lebih dari 100 kilometer per jam.

"Persiapan sudah dari tiga bulan lalu ya, jadi kemacetan sudah cukup teratasi. Tinggal bagaimana si pengendara melakukan perjalanan dengan selamat," katanya.

Budi juga menyarankan kepada Polisi dan Dinas Perhubungan bekerja sama untuk mencek serta uji rem bagi transportasi bus. Pemudik dengan sepeda motor, meski tak disarankan, diimbau lebih berhati-hati saat berkendara. Sebab berkendara jarah jauh dengan sepeda motor jauh lebih berbahaya bagi keselamatan.?