Video Amatir Tsunami Palu dengan Baliho Caleg, Benar atau Tidak

Gempa Tsunami Palu
Sumber :
  • Twitter

VIVA – Tak lama setelah gempa mengguncang Donggala terjadi gelombang tsunami yang sempat memukul wilayah Palu, Sulawesi Tengah. Salah satu video amatir yang beredar adalah video yang diambil dari lantai atas salah satu tempat perbelanjaan di Kota Palu.

Letak posisi pengambilan atau gedung tersebut memang tak jauh dari tepi pantai. Terlihat di video baliho besar calon legislatif atas nama Andi Charisma.

Dikonfirmasi kepada BMKG, pihaknya membenarkan bahwa video yang sempat beredar di berbagai grup media sosial itu memang kejadian usai gempa dan hempasan gelombang laut pada Jumat, 28 September 2018 di Palu. Namun disebutkan bahwa sebagian bangunan ada di video itu roboh akibat gempa bukan tsunami.

Di video tersebut terekam kepanikan sejenak setelah adanya hempasan gelombang laut setelah awalnya kondisi di sekitar lokasi sudah cukup berantakan. Tak lama ada teriakan massa dan video berlanjut pada bangunan yang sebagian sudah terendam.

Bahkan BMKG juga menyebutkan bahwa ikon Kota Palu yaitu jembatan Vatulemo juga roboh.

"Jembatan ikon di Kota Palu, Vatulemo, itu roboh," kata Kepala Stasiun Geofisika Klas I BMKG Palu, Cahyo Nugroho di kantor BMKG di Kemayoran, Jakarta.

Sementara BNPB hari ini juga sudah membenarkan bahwa usai gempa sempat ada tsunami di Donggala dan Palu. (ase)