Ini Jurus Dishub DKI agar Terminal Pulo Gebang Bebas Calo

Terminal Pulo Gebang.
Sumber :
  • Anwar Sadat

VIVA.co.id – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan menerapkan sistem tiket elektronik di terminal Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur. Penerapan sistem itu untuk mengatasi ulah calo-calo tiket. 

Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta, Andri Yansyah, mengatakan sistem elektronik tiket tersebut diadopsi seperti di bandara dan stasiun kereta api di Jakarta.

"Soal calo, nanti sistem IT (Information and Technology) yang bisa jawab. Nanti kalau umpamanya semua berbasis IT, pesannya pakai HP (handphone) semua, saya rasa enggak perlu lagi calo," ujar Andri di Terminal Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur, Senin, 6 Juni 2016

Sejauh ini, menurut Andri, pihaknya telah melakukan penertiban terhadap calo. Namun, tidak dibarengi dengan sistem yang memadai dan masih ada celah untuk calo tiket masuk. "Kami sudah upaya tertibkan sana sini tapi efektif enggak, enggak juga. Tapi kami sambil jalan (tertibkan calo), kami benahi IT-nya juga," ujar dia.

Untuk merealisasikan sistem IT di terminal Pulo Gebang itu tidak bisa dilakukan dalam waktu seminggu atau dua minggu. "Tiga bulan dari sekarang lah kira-kira untuk ngeset sistem IT itu," lanjut Andri.

Selain itu, Andri mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan TNI dan Polri untuk membantu pengamanan di terminal. Hal tersebut untuk mengantisipasi masalah kerawanan pada saat mudik lebaran. "Kami ada keamanan dari pihak terminal, tapi karena kami lihat volume pengunjung akan banyak, kami akan kerja sama dengan pihak Kodim dan polisi," ujar dia.

(ren)