Polda Metro: Artis Baru Diwajibkan Tes Urine

Tes Urine
Sumber :
  • VivaNews/ Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) mengusulkan pemberlakukan tes urine bagi setiap calon pemain film yang akan main dalam film baru. Usulan itu untuk mengantisipasi artis yang terlibat penggunaan narkoba, seperti Cara Lachele yang pernah membintangi film "Obama Anak Menteng".

"PARFI mengusulkan tes urine bagi artis yang hendak berperan dalam setiap film baru," kata Direktur Narkoba Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Anjan Pramuka Putra, Jumat, 7 Januari 2010.

Tentunya, sambung Anjan, hal ini bisa mengantisipasi serta mengetahui apakah artis yang akan bermain di film menggunakan narkoba atau tidak. "Ini bisa membuat jera para artis yang masih menggunakan narkoba. Otomatis dia (artis) tidak akan diikutsertakan dalam produksi film," kata Anjan.

Aturan ini tentunya akan membuat rugi para artis yang masih menggunakan narkoba. "Kami sangat mendukung, ini dapat meredam penggunaan narkoba di kalangan artis," ujar dia.

Polisi mengaku siap bekerja sama dengan PARFI untuk membantu proses tes urine bagi setiap artis yang akan mengikuti seleksi untuk menjadi pemeran film baru.

"Bagaimana teknisnya kami akan lakukan rapat dengan PARFI hari ini juga," katanya mengakhiri perbincangan.

Damien Dematra, Sutradara Film Obama Anak Menteng juga menyambut positif adanya rencana pemberlakukan peraturan ini. Hal ini menurutnya, akan berdampak baik bagi setiap artis dan filmnya yang akan dibintanginya.

"Sebab jika ada artis yang terlibat narkoba akan berdampak pada film yang dibintanginya," katanya saat berbincang dengan VIVAnews.com.

Di negara lain di Amerika Serikat peraturan tes urine bagi setiap artis untuk mendapatkan kontrak film sudah diberlakukan sejak lama.

"Biasanya di Hollywood setiap artis, 6 bulan sebelum mendapatkan kontrak film harus mengikuti tes urine untuk mengetahui apakah menggunakan narkoba atau tidak. Kalau terbukti positif, ya tidak akan mendapatkan kontrak film," papar dia.

Dia menyesalkan terlibatnya Cara Lachele artis asal Afika Selatan yang ditangkap polisi karena kedapatan menyimpang dan menggunakan narkoba jenis Shabu di sebuah apartemen yang berada di kawasan Kuningan.

"Padahal kami berniat menggunakan Cara Lachele untuk pembuatan film terbaru tentang Kisah Ibu Obama Selama Berada di Jakarta. Tapi kalau sudah terlibat narkoba, tentu kami akan mencari artis lain yang tidak terlibat dan menggunakan narkoba," jelasnya.

Seperti diketahui, Cara Lachele artis yang berperan sebagai Mama 'Obama' di Film berjudul 'Obama' Anak Menteng ditangkap di sebuah apartemen di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Petugas juga mendapatkan satu paket shabu seberat 1,19 gram yang disimpan di dalam tabung Redoxon dan peralatan penghisap alias bong

Penangkapan Cara Lachelle merupakan pengembangan dari penangkapan empat tersangka yakni Erik, Doddi, Mendi, dan Jovis, yang lebih dulu ditangkap petugas di Kemang, Jakarta Selatan. (adi)