SMP Negeri 8 Tangsel Lockdown Buntut Merebaknya Kasus Cacar Air dan Gondongan

SMA Negeri 8 Kota Tangerang Selatan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Tangerang, VIVA - Pemerintah Kota Tangerang Selatan, melalui Dinas Pendidikan terpaksa melakukan lockdown di SMP Negeri 8 Kota Tangerang Selatan. Penerapan ini dilakukan setelah adanya 23 kasus cacar air (varicela) dan gondongan (mumps) yang menimpa para pelajar setempat.

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Tangsel, Dedi mengatakan, kasus tersebut telah ditemukan sejak 9 September 2024, dan terus mengalami peningkatan hingga Oktober 2024.

"Kami dapat laporan, awal bulan September 2024 terjadi kasus cacar air di sekolah tersebut dan berkembang hingga Oktober 2024 ini, sehingga pihak sekolah melakukan lockdown," katanya, Rabu, 23 Oktober 2024.

Lanjut dia, pihak sekolah juga telah melakukan koordinasi dan konsultasi dengan puskesmas setempat. Di mana, hasil rekomendasi dari puskesmas tersebut bahwa pihak sekolah harus melaksanakan beberapa kegiatan.

"Dari hasil koordinasi, sekolah harus melakukan beberapa kegiatan, yang diantaranya melakukan pembelajaran jarak jauh atau PJJ. Ini untuk upaya mencegah penyebaran penyakit untuk tidak meluas lagi ke peserta didik yang lain," ujarnya.

Proses pembelajaran jarak jauh atau PJJ akan telah dilakukan sejak 17 Oktober 2024 dengan masa berlaku selama 14 hari ke depan.

"Proses lockdown dan PJJ ini selama 14 hari ke depan. Dan hingga saat ini, pelajar yang terpapar masih terus dilakukan pemantauan dengan pihak puskesmas dan orang tua, artinya ini perlu pemantauan secara berkelanjutan apakah kondisi anak-anak sudah membaik dan dilakukan perawatan di rumah masing-masing," ungkapnya.